Di Brebes, SMP Negeri 2 Mulai KBM Tatap Muka, Lainnya MPLS Virtual

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Sebagai sekolah percontohan, SMP Negeri 2 Brebes, Senin 13 Juli 2020, hari ini langsung melakukan Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) tatap muka untuk kela 7 dan 8, sedangkan sekolah lain sudah ada yang melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Di SMP N 2 Brebes, siswa tiap kelas dibuat tiga kelompok dan menggunakan sistem shift atau bergiliran. Dalam seminggu, tiap siswa berangkat 2 kali.

“Proses belajar kami menerapkan protokol kesehatan. Baik terhadap siswa maupun tenaga pendidik. Mulai dari pemeriksaan suhu badan, cuci tangan, masker dan sistem bergiliran,” papar Murtadho, Kepala SMP Negeri 2 Brebes.

Untuk SMP lain, kegiatan yang dilakukan pada hari ini adalah pemberian materi MPLS. Di SMP Negeri 1 Brebes misalnya, siswa yang sudah terlanjur berangkat diberikan pengarahan soal materi MPLS. Selanjutnya, penyampaian materi akan dilakukan dengan metode daring (virtual).

“Sebenarnya ini belum boleh masuk. Hanya saja sebagian dari siswa belum tahu soal edaran baru. Jadi mereka tetap masuk. Mereka kami beri pengarahan soal MPLS dan nanti bisa dilakukan di rumah. Setelah itu siswa kami pulangkan,” ungkap Dharma Suhaeri, Kepala SMP Negeri 1 Brebes.

Hal sama juga terjadi di SMP Negeri 1 Wanasari. Siswa yang datang ke sekolah diarahkan untuk melakukan kegiatan tadarus, penyampaian MPLS beserta tata tertib sekolah dan pengambilan buku paket.

“Kegiatanya itu tadarus Alquran, soal MPLS, tata tertib sekolah dan pengembalian buku. Habis itu pulang,” terang Murniasih, Kepala SMP Negeri 1 Wanasari.

Selain SMP, sejumlah SMA juga sudah mulai ada kegiatan pada Senin ini. SMA Negeri 2 pada hari pertama langsung melaksanakan MPLS bagi kelas 10.

“Mulai hari ini MPLS yang akan dilakukan selama 3 hari. Dilakukan secara bergantian dan setiap hari diikuti oleh 110 siswa. Materi MPLS sesuai juknis di antaranya adalah tentang kurikulum, tata cara pembelajaran, lingkungan sekolah dan pengenalan pembelajaran daring,” papar Wakil Kepala SMA Negeri 2 Brebes.

Kontributor : Fahri Latief
Editor : Amin Nurrokhman

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!