Yayasan Jatisari Petarukan Gelar Haul ke-2 Mbah Danurekso

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Yayasan Jatisari Kecamatan Petarukan, Pemalang, kembali menggelar acara Haul Mbah Danurekso. Acara yang digelar, Rabu malam, 02 September 2020, dipadati ribuan jamaah dari berbagai daerah.

Prosesi Haul ke-2 tokoh kharismatik di Dusun Peron Kelurahan Petarukan ini diawali pembacaan Maulid Alhabsyi, pembacaan surah Yasin, qiraaah dalailul khairat, dzikir nasyid, tahlil dan doa bersama. Haul ditutup dengan tauziyah KH Duri Ashari dari Semarang.

Menurut Ketua Panitia, Bagong Yoyok Sukirman, semasa hidup almarhum Mbah Danurekso banyak memiliki keajaiban dan dikenal sebagai tokoh yang dihormati oleh masyarakat Petarukan maupun luar daerah. Almarhum Mbah Danurekso yang juga akrab disapa Danuwongso ini meninggal dunia pada tahun 1800 an.

“Almarhum selama hidup dikenal merupakan salah satu tokoh yang mempunyai prinsip dan keyakinan yang kuat serta memiliki sifat serta kepribadian yang sederhana namun penuh kharisma,” tutur Bagong.

Ia menjelaskan, untuk mempertahankan budaya menghormati sesepuh dan tokoh masyarakat, kegiatan tersebut digelar secara rutin pada saat Muharom. Tujuan haul ini untuk mengingatkan sejarah perjuangan Mbah Danurekso di masa lampau.

Penulis : Heru Kundhimiarso

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!