Dinkominfo Kota Pekalongan Adakan Pelatihan PJJ Tahap Dua

Dinkominfo Kota Pekalongan menggelar kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran anak usia dini di SMPN 6 Pekalongan, Senin, 5 Oktober 2020. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Guna meningkatkan kemampuan guru dalam memberikan materi saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan menggelar kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran anak usia dini di SMPN 6 Pekalongan, Senin, 5 Oktober 2020. Pelatihan ini dilaksanakan 5-6 Oktober 2020 dengan peserta terdiri atas 150 guru PAUD di wilayah Kota Pekalongan.

Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan, Yos Rosyidi mengatakan, pelatihan ini digelar atas dasar tingginya antusias guru untuk mengikuti PJJ di Batik TV maupun Radio Kota Batik (RKB).

“PJJ yang sebelumnya ternyata masih banyak guru yang belum mendapatkan kesempatan, khususnya bagi guru PAUD dan RA. Sedangkan animo guru untuk mengikuti PPJ masih tinggi, oleh karena itu kami berupaya untuk mengadakan kegiatan pelatihan tahap kedua untuk guru PAUD,” kata Yos.

Dijelaskan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ilmu kepada guru PAUD agar dalam pembuatan konten video belajar anak lebih menarik dan interaktif sehingga mudah dipahami oleh anak usia dini. “Guru akan diberikan pelatihan berupa cara membuat video pembelajaran dan cara editing videonya, kemudian akan mulai melakukan siaran perdana di Batik TV mulai 12 Oktober 2020,” kata Yos.

Ia juga menyinggung aplikasi video conference rancangan Dinkominfo bernama Triple B yang dikhususkan untuk mempermudah proses pembelajaran secara online. “Triple B ini konsepnya seperti zoom dan tidak berbayar tanpa adanya limit waktu. Bagi yang ingin menggunakan aplikasi ini dapat berkoordinasi dengan Dinkominfo. Namun, karena keterbatasan server bila banyak yang mengakses, kami akan selektif untuk memilih orang yang menginginkan aplikasi ini,” kata Yos.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!