Jelang Musim Hujan, BPBD Kota Pekalongan Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Petugas BPBD Kota Pekalongan melakukan monitoring sungai-sungai yang berpotensi meluap akibat hujan. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Menjelang musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dengan bencana banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekalongan, Saminta menyebutkan tahun ini musim penghujan akan datang lebih awal dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Menurut informasi yang kita dapat, musim hujan yang biasanya terjadi pada pertengahan Oktober akan lebih cepat datang, mungkin 3 hari lebih cepat,” kata Saminta saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (13/10/2020).

Berdasarkan hal tersebut, BPBD Kota Pekalongan akan melakukan rapat koordinasi dalam persiapan menghadapi musim hujan bersama BPBD Jawa Tengah di Semarang. “Kita akan melakukan rapat pada hari Rabu, tanggal 14 Oktober dengan BPBD Jawa Tengah. Pembahasannya tentang koordinasi dan langkah-langkah dan kebijakan yang harus diambil dalam menghadapi bencana banjir,” kata Saminta.

Di sisi lain, BPBD juga telah berupaya melakukan monitoring sungai-sungai yang berpotensi meluap akibat hujan. “Petugas kami telah ada piket harian, setiap pagi, siang, dan sore untuk melakukan pengecekan dan pemantauan lingkungan, seperti sungai yang berpotensi mengakibatkan banjir. Kita cek apakah ada tanggul yang bocor atau pun pecah agar dapat diperbaiki dengan cepat,” kata Saminta.

Ia berharap masyarakat Kota Pekalongan waspada dalam menghadapi musim hujan ini. “Kita harus tetap waspada karena banjir dan rob dapat datang kapan saja,” kata Saminta.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!