Di Pekalongan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tanpa Seremoni

Walikota Pekalongan Saelany Mahfudz

PUSKAPIK.COM, Pekalongan –Berbeda dari tahun sebelumnya, di tengah pandemi Covid-19 peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang diperingati tiap tanggal 28 Oktober di Pekalongan tidak dimeriahkan dengan upacara bendera maupun seremonial kegiatan seperti biasanya. Tahun ini, peringatan sumpah pemuda yang ke-92 mengusung tema Bangkit dan Bersatu.

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz mengatakan, memaknai Sumpah Pemuda Walikota Saelany mengatakan, tema bangkit dan bersatu sangat relevan dengan kondisi saat ini yang masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Peran pemuda sangat penting untuk menjaga kesatuan bangsa. Di tengah pandemi peran pemuda-pemudi kita sangat berpengaruh untuk dapat bangkit dan bersatu bersama-sama melawan pandemi ini,” ungkap Saelany.

Kendati tidak dilakukan secara seremonial, Saelany menuturkan bahwa pemuda-pemudi saat ini bisa mencontoh gerakan persatuan dan kesatuan yang tertuang dalam isi Sumpah Pemuda.

“Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku, bahasa, dan budaya, namun dengan perbedaan itu para pemuda terdahulu berjuang bersama untuk dapat merumuskan Sumpah Pemuda. Hal ini menjadi contoh baik yang patut ditiru oleh generasi sekarang,” imbuh Saelany.

Ditekankan Saelany, bukan perbedaan yang menyebabkam perpecahan atau konflik, namun perbedaan dan keanekaragaman itu yang dijadikan sebagai persatuan dan kesatuan.

Saelany berpesan untuk menjadi bangsa yang besar, peran pemuda sangat penting untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa seperti dengan tidak menyebar isu hoax.

“Oknum-oknum yang ingin memecah belah bangsa ini dengan menyebar hoax dan sebagainya bisa ditangkis dengan kebersamaan satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa untuk dapat mempererat kembali dan menjadikan bangsa yang kuat, seperti masa dahulu kesatuan dan persatuan bisa disatukan dengan Sumpah Pemuda,” tutur Saelany.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!