Menu Hutan Mangrove Brebes, Kepiting Soka Telur Asin

PUSKAPIK.COM, Brebes – Selain indah, hutan wisata Mangrove Sari Desa Kaliwlingi, Brebes, juga ada kuliner lezat khas Brebes dari kepiting dan telur asin.

Warung di kawasan Mangrove Brebes yang menyediakan makanan ini adalah Sriti Sari. Lokasinya tidak jauh dari dermaga 1, atau beberapa puluh meter ke arah barat dari loket masuk.

Warung ini berada di atas tambak ikan dan dikelilingi oleh pohon pohon bakau. Masuk ke lokasi warung ini akan terasa sejuh oleh semilir angin laut yang berhembus pelan.

Tidak hanya tempatnya yang nyaman, namun warung ini memiliki menu unggulan yang tidak dimiliki warung makan lain, yaitu kepiting soka telur asin. Menu kuliner ini adalah perpaduan dua bahan dasar, yakni kepiting soka (lemburi) dan telur asin Brebes.

Jika dilihat sekilas, menu ini tidak ada bedanya dengan kepiting goreng tepung dengan topping saus pada umumnya. Yang membuatnya beda adalah kepiting yang dimasak merupakan kepiting lunak dan bisa dimakan secara keseluruhan. Kemudian topping sausnya berisi campuran telur asin yang memiliki rasa gurih.

Jarotin (41) pengelola warung Sriti Sari mengatakan, menu makanan ini sebenarnya cukup mudah dalam membuatnya. Bahan bakunnya hanya kepiting lunak (soka) dan telur asin. Untuk satu porsi makanan ini, diperlukan tiga ekor kepiting dan dua butir telur asin mentah.

“Di kawasan wisata mangrove sari ini baru ada di sini. Kami sengaja menggunakan bahan baku yang mudah didapati dari sekitar sini, yaitu kepiting lunak sama telur asin mentah,” kata Jarotin kepada detikcom, Rabu sore.

Untuk bahan tambahan adalah bawang bombay, daun bawang, dan tepung. Bumbu yang dipakai juga sederhana, bawang putih cabai saus tomat dan beberapa bumbu lain seperti garam dan penyedap.

Pertama, kepiting cangkang lunak ini dibersihkan dan dipotong potong. Setelah ibaluri telur dan diberi lapisan tepung dan digoreng hingga matang.

Selanjutnya, pembuatan topping menggunakan bawang putih saus bawang bombay, telur asin dan daun bawang. Semua bahan ini ditumis hingga harum. Terakhir, kepiting yang yang sudah digoreng disiram dengan saus telur asin.

Satu porsi kepiting ini bisa untuk 3 sampai 4 orang. Pemilik warung membandrol menu ini Rp.100 ribu per porsinya.

“Satu posri ini cukup banyak. Bisa untuk makan 3 sampai 4 orang,” ungkap Jarotin.

Juju (32) wisatawan asal Kuningan Jawa Barat, mengaku langsung kesengsem setelah mencicipi menu ini. Menurutnya ada yang beda saat menikmati makanan ini. Kepitingnya sangat empuk dan saus telur asinnya sangat gurih.

Kontributor : Fahri Latief
Editor : Amin Nurrokhman

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!