Uh! Besi Portal Underpass di Ketanggungan, Brebes, Patah

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Awas, yang biasa melintas di jalur ini. Besi portal batas ketinggian kendaraan di underpass Karangmalang, Kecamatan Ketanggungan, Brebes, Selasa 1 desember 2020 patah. Kendaraan yang melewati jalur ini semua dialihkan demi keselamatan pengendara.

Besi sepanjang 10 meter dengan lebar 40 Cm ini diketahui patah sekitar pukul 09.00 WIB. Patahan besi berada di tengah sehingga portal melengkung ke bawah.

Dengan menggunakan dua batang kayu, warga berinisiatif menyangga portal agar tidak ambruk. Untuk sementara, jalan utama penghubung wilayah selatan Ketanggungan dengan kota kecamatan ditutup.

Rawuh (56) warga Desa Karangmalang mengatakan, sebelum patah portal ini tersangkut mobil pikap. Beberapa lama kemudian portal itu patah dan melengkung.

“Sebelumnya ada mobil pikap yang tersangkut portal. Kemudian tidak lama patah dsn melengkung,” ujar Rawuh di lokasi underpass.

Warga ini menambahkan, ketinggian underpass makin hari makin pendek. Hal ini lantaran adanya proyek peninggian jalan di bawah underpass.

“Dulu tingginya 270 Cm, kemudian ada perbaikkan beberapa tahun lalu. Setelah ada proyek itu tinggginya berkurang menjadi 2,3 meter. Kemudian beberapa minggu lalu ada perbaikkan dan peninggian lagi. Sekarang tingginya hanya 205 cm,” ungkap Rawuh.

Kapolsek Ketanggungan, AKP Suroto, menjelaskan, portal besi itu dipasang di sisi luar underpass. Tujuannya untuk melindungi jembatan kereta api dengan cara mengontrol ketinggian kendaraan khususnya mobil. Dengan adanya portal ini, kendaraan yang memiliki ketinggian diatas 205 cm tidak bisa melintas.

“Kendaraan yang tingginya lebih dari 205 Cm otomatis tidak bisa masuk karena terhalang portal besi. Besi ini dipasang untuk melindungi jembatan kereta api,” beber Kapolsek Ketanggungan.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!