Libur Nataru, Belum Ada Lonjakan Pemudik di Terminal Bus Pemalang

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Induk Tipe A Pemalang, Siswandi bersama petugas Terminal Induk Tipe A Pemalang, Jumat, 25 Desember 2020. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Lonjakan pemudik libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 belum tampak di Terminal Induk Tipe A Pemalang. Diprediksi, lonjakan pemudik akan terjadi beberapa hari sebelum pergantian tahun.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Induk Tipe A Pemalang, Siswandi menuturkan, hingga Jumat, 25 Desember 2020, mobilitas penumpang bus di Terminal Induk Tipe A Pemalang masih terpantau standar.

“Dibandingkan tahun-tahun kemarin sebelum Covid kan luar biasa. Dengan adanya Covid ini, saya kira masyarakat sudah menyadari, mendingan di rumah,” kata Siswandi.

Sementara ini, kata Siswandi, pemudik yang datang dari luar kota hanya dari Jakarta. Ia kembali menegaskan, belum ada lonjakan penumpang di hingga hari ke-2 libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini. “Nanti paling puncaknya tanggal-tanggal 30-an, mendekati tahun baru lah. Biasanya kalau tahun baru lumayan,” kata Siswandi.

Mengenai kesiapan armada, sejauh ini masih cukup, bahkan jumlahnya berlebih, sehingga belum mendatangkan bus tanbahan. Pengecekan kelaikan jalan seluruh armada juga sudah dilakukan.

Siswandi mengungkapkan, selama libur Nataru, pengamanan dilakukan 24 jam non-stop. Begitu juga dengan kebersihan, semua harus steril. Di samping itu, para penumpang juga diwajibkan menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Para penumpang juga wajib menyertakan surat bebas Covid-19 atau rapid test. Mereka juga bisa mengikuti, SWAB Test Antigen secara gratis di Terminal Tipe A Pemalang, yang diadakan pukul 06.00 – 10.00 WIB dan sore, pukul 18.00-22.00 WIB. Namun kuota sampel SWAB Test Antigen terbatas.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!