Puting-beliung Sapu Tegal, Ratusan Rumah, 2 Sekolah, 1 Penggilingan Padi Rusak

Personel TNI-Polri bersama Tim dari PMI dan BPBD Kabupaten Tegal turun ke sejumlah desa yang terkena bencana. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Angin puting beliung menerjang 8 desa di 5 Kecamatan di Kabupaten Tegal serta 1 Kelurahan di Kota Tegal. Di Kabupaten Tegal, terjangan angin yang terjadi Jumat pagi, 26 Februari 2021 sekitar pukul 04.00 WIB itu mengakibatkan sebanyak 84 rumah warga rusak ringan sampai berat, 2 bangunan sekolah dan 1 bangunan penggilingan padi rusak berat. Sedangkan di Kota Tegal, sebanyak 124 rumah di Kelurahan Kalinyamat, Kecamatan Margadana, rusak ringan hingga berat.

Berdasarkan data yang dihimpun Puskapik.com, wilayah yang terkena angin yakni Desa Bengle, Desa Dukuhmalang serta Desa Dawuhan di Kecamatan Talang. Desa Tegalandong dan Desa Jatimulya, Kecamatan Lebaksiu. Desa Kebandingan, Kecamatan Kedungbanteng. Desa Bulakwaru, Kecamatan Tarub. Desa Kalisapu, Kecamatan Slawi serta Kelurahan Kalinyamat, Kecamatan Margadana, Kota Tegal.

Tak hanya merusak rumah, terjangan angin juga menumbangkan pohon menimpa rumah warga dan kabel listrik, sehingga mengakibatkan aliran listrik padam. Angin puting beliung datang bersamaan dengan turunnya hujan deras. Kondisi ini sempat membuat warga panik dan keluar rumah karena kawatir rumahnya ambruk.

“Pertama hujan kemudian datang angin kencang. Suaranya keras. Saya baru saja bangun tidur. Waktu keluar rumah melihat pohon pada rubuh. Saat itu kondisi masih gelap ditambah mati lampu,” kata Musriyati (40), warga Desa Bengle, Kecamatan Talang.

Personel TNI-Polri bersama Tim dari PMI dan BPBD Kabupaten Tegal langsung turun ke sejumlah desa yang terkena bencana. Mereka melakukan pendataan dan membantu warga memperbaiki rumah yang rusak. Sebagian besar kerusakan pada bagian atapnya yang tersapu angin.

“Kami bersama TNI, BPBD, PMI serta unsur relawan dari masyarakat langsung terjun ke lokasi untuk membantu warga. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka-luka,” kata Kapolsek Talang, AKP Sudiyono.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!