PPLOP Jateng Gelar Seleksi Atlet untuk 19 Cabang Olahraga, Ini Rinciannya

Disporapar Jawa Tengah melalui Balai Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar membuka seleksi penerimaan atlet baru untuk Tahun Ajaran 2021. FOTO/PUSKAPIK/ISMU PURUHITO

PUSKAPIK.COM, Semarang – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah melalui Balai Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar membuka seleksi penerimaan atlet baru untuk Tahun Ajaran 2021. Sebanyak 19 cabang olahraga menggelar seleksi. Mereka yang lolos seleksi akan digembleng di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jawa Tengah selama tiga tahun.

Kepala Disporapar Jateng Sinoeng N Rachmadi mengatakan, para atlet baru nanti menggantikan atlet pelajar yang lulus pendidikan setara SMA di PPLOP Jateng pada tahun ini. “Regenerasi atlet melalui PPLOP tetap kita lakukan di tengah pandemi. Ini untuk menyaring bibit-bibit atlet Jateng masa depan yang akan kita didik dan latih di PPLOP yang dipusatkan di Kompleks Jatidiri Semarang. Semua proses seleksi maupun pendidikan menyesuaikan protokol kesehatan dan ketat,” kata Sinoeng, Senin, 15 Maret 2021.

Sementara itu, Kepala Balai Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Jateng Cicilia Eni Kurniati mengatakan, seleksi tahun ini menerapkan protokol kesehatan. Seleksi akan dilaksanakan melalui dua tahap. Tahap pertama, dilakukan secara daring. Yakni mendaftar secara daring, lalu mengirimkan video teknik dasar masing-masing cabang olahraga dengan ketentuan video tidak boleh diedit. “Tutorial tes ketrampilan masing-masing cabor bisa dilihat di channel Youtube BPPLOP PROVINSI JAWA TENGAH,” katanya.

Apabila lolos seleksi tahap pertama, atlet selanjutnya akan dipanggil untuk tes kondisi fisik, tes kesehatan dan terakhir tes psikologi. “Untuk tiga tes ini, dilaksanakan dengan jadwal ketat untuk menghindari kerumunan, serta kita laksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat pula,” katanya.

Cabor yang membuka seleksi yakni Wushu dengan kuota penerimaan 1 atlet putra dan 1 putri), Panjat Tebing (1 atlet putri nomor combined), Sepak Bola (6 putra), Panahan (1 putra dan 2 putri), Pencak Silat (2 putra/putri), Bola Voli Pasir (2 putri posisi universal dan 1 putri blocker), Sepak Takraw (3 putra dan 4 putri), Angkat besi (2 putra /putri), Anggar (4 putra, 1 putri), Bola Voli Indoor (2 putra dan 2 putri).

Kemudian Tinju (4 atlet), Dayung (1 putra), Basket (5 putra), Sepatu Roda (1 putra), Taekwondo (4 putra dan 4 putri), Karate (1 atlet), Tenis Meja (1 putra dan 1 putri), Judo (2 putri) dan terakhir Renang (2 putra/putri).

Untuk syarat umum, Cicilia menyebutkan, adalah pelajar kelahiran minimal 2008 dan duduk di kelas VII SMP dan maksimal kelahiran 2005 duduk di kelas IX SMP pada tahun ajaran 2020/2021. Kemudian nilai raport rata-rata minimal 6,5. Sedangkan syarat khusus dan ketentuan lain serta jadwal tes bisa dilihat melalui website bpplop.jatengprov.go.id yang bisa diakses mulai sekarang.

Untuk pendaftaran online adalah 1-14 April, dilanjutkan tes dan hasil seleksi diumumkan pada 31 Mei 2021. “Atlet yang diterima akan mendapatkan fasilitas asrama, konsumsi, bebas biaya pendidikan skolah dan latihan, mendapat bantuan peralatan, uji coba, jaminan kesehatan dan uang saku bulanan. Pendaftaran dan tes semua gratis,” kata Cicilia.

Kontributor: Ismu Puruhito
Editor: Faisal M

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!