Lihat, Pemuda di Tegal Sulap Saluran Air Kotor Jadi Media Budidaya Nila

penebaran benih ikan Nila oleh forkompimcam dan anggota Karang Taruna di saluran air sekunder di Desa Kaligayam, Tegal.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Para pemuda di Desa Kaligayam, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal yang tergabung dalam Karang Taruna, menyulap sebuah saluran air sekunder di desanya menjadi tempat budidaya ikan Nila. Saat ini sedikitnya 5.000 benih ikan Nila Merah telah ditabur di saluran air sepanjang sekitar 100 meter itu.

Tak hanya itu, penataan lahan di sepanjang saluran tersebut dipercantik dengan cat warna-warni dan tanaman hias, menjadikan tampilan saluran tersebut semakin menarik.

Ketua Karang Taruna Desa Kaligayam Irfan Winanda Pratama, mengatakan, setidaknya ada 5.000 benih ikan nila merah yang ditabur pada kesempatan ini.

“Bibit ikan tersebut berasal dari swadaya anggota Karang Taruna Desa Kaligayam yang bekerja sama dengan Karang Taruna Kabupaten Tegal,” kata ketua Karang Taruna Desa Kaligayam, Irfan Winanda Pratama, Selasa siang, 30 Maret 2021.

Irfan menuturkan, ide pemanfaatan saluran limpasan air sungai Kaligung ini bermula dari keprihatinan para pemuda Karang Taruna yang prihatin melihat kondisi saluran yang mengalami pendangkalan dan kotor.

“Dari situlah para pemuda Desa Kaligayam bergotong royong membersihkan saluran dan dimanfaatkan untuk usaha produktif pembesaran dan budidaya ikan Nila,” kata Irfan.

Irfan menambahkan, pemanfaatan saluran tidak semata-mata untuk tempat budidaya ikan, namun juga mengajak warga desa Kaligayam untuk menjaga kebersihan saluran air yang ada. Sehingga, tak hanya bersih, tapi juga bisa dijadikan tempa usaha produktif.

“Perilaku warga sekitar untuk tidak membuang sampah dan limbah berbahaya ke dalam saluran air ini akan menjaga kelangsungan usaha rintisan pemuda Karang Taruna di desa kami,” ujar Irfan.

Sekda Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono, mengapresiasi inisiatif pemuda Karang Taruna Desa Kaligayam yang mampu memanfaatkan potensi aliran sungai menjadi tempat budidaya ikan air tawar. Menurutnya, ide kreatif ini bisa menjadi contoh bagi komunitas pemuda desa lainnya.

Pemuda Karang Taruna, lanjutnya, harus menjadi pelopor inovasi desa, mendorong kreatifitas generasi muda untuk memanfaatkan potensi dan menangkap peluang yang ada demi kemajuan bersama.

“Situasi pandemi ini kiranya bisa kita jadikan momentum untuk berinovasi dan berkolaborasi mencari terobosan dan jalan keluar. Dan ini ada contoh baik dari pemuda karang taruna yang bisa mengonversi kondisi krisis ekonomi menjadi satu kesempatan baik,” kata Joko.

Joko meminta, peran pemuda karang taruna tidak saja aktif sebagai motor penggerak kegiatan sosial kemasyarakatan, tapi sekaligus juga agen perubahan di berbagai sektor kehidupan di lingkungannya, termasuk ekonomi kerakyatan di masa sulit sekarang ini.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Amin Nurrokhman

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!