Hujan Deras, Ratusan Rumah di Tegal Terendam Banjir

Seorang relawan PMI Kabupaten Tegal berada di lokasi banjir di Desa Tembok Lor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Rabu malam, 31 Maret 2021. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Hujan dengan intensitas cukup tinggi selama 2 jam pada Rabu malam, 31 Maret 2021, menyebabkan ratusan rumah di Desa Tembok Banjaran dan Tembok Lor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal terendam banjir. Sungai Jabungan meluap menyusul hujan deras.

Sejumlah relawan PMI Kabupaten Tegal langsung menjangkau lokasi banjir untuk melakukan assessment dan mengantisipasi jika ada warga yang membutuhkan bantuan evakuasi.

“Air luapan sungai mulai masuk ke pemukiman pukul 18.30 WIB. Ketinggian air bervariasi, mulai 70 hingga 150 centimeter,” kata Ramedhon, salah satu relawan PMI Kabupaten Tegal.

Luapan air sungai cukup deras sehingga cepat merendam pemukiman. Namun demikian, warga yang rumahnya terendam banjir tidak mengungsi meski ketinggian air mencapai 150 cm. Warga enggan mengungsi karena daerahnya sudah menjadi langganan banjir.

“Warga sudah terbiasa, karena daerah di situ memang menjadi langganan banjir. Jadi warga sudah mengantisipasinya,” ujar Ramedhon.

Air yang merendam pemukiman warga berangsur surut seiring hujan yang mulai reda. Banjir tersebut hanya air limpasan sungai dari hulu.

“Banjirnya cepat surut. Sebagian warga pun saat ini sudah ada yang membersihkan rumahnya yang sempat terendam banjir,” kata Ramedhon.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!