Di Brebes, Vaksinasi Corona Selama Ramadan dengan Buka Puasa Bersama

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Selama Ramadan, Dinas Kesehatan Brebes, tetap melaksanakan vaksinasi Covid-19, dikemas dengan acara buka puasa bersama.

Kepala Dinas Kesehatan Brebes, dr Sartono, Selasa 6 April 2021 sore, menyampaikan, vaksinasi corona tidak akan berhenti saat bulan puasa. Hanya saja, pelaksanaan vaksin diupayakan tidak mengganggu ibadah puasa.

“Kami tetap jalan kegiatan vaksinasi selama puasa nanti. Ini program pemerintah yang harus tetap dilaksanakan. Hanya nanti harus disesuaikan pelaksanaannya supaya tidak mengganggu orang yang sedang berpuasa,” katanya.

Soal teknisnya, Sartono menambahkan, pihaknya telah mengirimkan surat edaran ke tiap tiap puskesmas. Dimana masing masing puskesmas agar mengemas pelaksanaan vaksinasi sesuai kondisi masyarakat selama puasa. Salah satu caranya, Kadinkes mencontohkan, dikemas dalam acara buka puasa bersama.

“Teknisnya saya serahkan ke masing masing puskesmas. Ada yang dilakukan dalam kemasan buka puasa bersama. Ini cara paling bagus, karena sebelum buka bisa dipakai untuk skrining dan baru disuntik setelah buka puasa,” terang Sartono.

Bagi yang menggunakan cara lain, dia menyarankan agar dilaksanakan lebih pagi. Alasannya, kondisi perut belum terlalu kosong karena masih pagi.

Sesuak jadwal, sasaran vaksinasi pada bulan puasa nanti adalah lansia untuk dosis dua dan para kader kesehatan. Ada sekitar 8000 lansia yang sesuai jadwal akan divaksin dalam bulan puasa ini

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!