Ramadan, Sasaran Vaksinasi Turun, Dinkes Kota Tegal Lakukan Vaksin Usai Buka Puasa

PUSKAPIK.COM, Tegal – Di Kota Tegal, sasaran vaksinasi selama Ramadan mengalami penurunan. Menyiasati masalah ini, Dinkes Kota Tegal, melakukan vaksinasi di malam hari usai buka puasa.

“Cakupannya turun selama puasa, jadi vaksinasi ini akan buka malam hari setelah buka puasa. Ini juga untuk mengantisipasi dropout peserta vaksinasi dosis ke dua yang bertepatan dengan bulan Ramadan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari di kantornya, Jumat 16 April 2021.

Selama Ramadan jumlah vaksinasi di Kota Tegal, kata Primawati mengalami penurunan drastis. Penurunan mencapai 75 persen. Jika biasanya vaksinasi bisa mencapai 1.000 orang per hari, saat Ramadan hanya 250 per harinya.

“Turun drastis sampai 75 persen. Jika rata rata 1000 per hari sekarang cuma 250 orang. Bahkan ada di Yankesmas yang menerima vaksin hanya 21 orang per harinya,” ujar Prima.

Prima menambahkan, sasaran vaksin selama puasa ini adalah para lansia dan pelayanan publik. Dengan vaksinasi di malam hari, warga diharapkan mau datang untuk divaksin.

Sementara, meski ada pelayanan malam hari, pelaksanaan vaksinasi pada waktu siang hari di bulan Ramadan masih tetap berjalan. Pelaksanaannya masih tetap di tiap tiap Yankesmas yang ada,di Kota Tegal.

“Vaksinasi malam hari dilaksanakan mulai hari ini (Jumat) bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Jalan Pancasila Kota Tegal, Adapun waktunya pukul 19.00-21.30,” sambung Prima.

Untuk petugas vaksin di malam hari, akan dilaksanakan oleh Yankesmas secara bergiliran.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!