Wakili Jateng, 2 Atlet Kota Pekalongan Siap Berlaga di POPNAS XVI

Dua atlet asal Kota Pekalongan dari cabang olahraga (cabor) tenis meja dan atletik siap berlaga dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Tahun 2021 sebagai perwakilan kontingen Provinsi Jawa Tengah. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Sebanyak dua atlet asal Kota Pekalongan dari cabang olahraga (cabor) tenis meja dan atletik siap berlaga dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Tahun 2021 sebagai perwakilan kontingen Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut direncanakan digelar pada Agustus di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

“Kegiatan keolahragaan pelajar tingkat provinsi yang digelar oleh Disporapar Provinsi Jateng, selain mengadakan POPDA virtual dan nonvirtual tingkat Jateng, juga menggelar seleksi POPNAS tahap I pada 24-25 Maret lalu. Hasil seleksi tersebut, para atlet akan mewakili kontingen Provinsi Jateng di ajang POPNAS XVI,” kata Kepala Seksi Olahraga Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan, Endro Triyatmo SPd MPd saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 19 April 2021.

Lebih lanjut, pada proses seleksi lalu Kota Pekalongan mengirimkan tiga orang atlet cabor atletik dan tenis meja sebanyak dua orang. Hasilnya, atlet yang lolos yakni Putra Sapto Nugroho dari cabor atletik dan Erli Helga Artanti cabor tenis meja.

“Seleksi POPNAS dilakukan secara bertahap mengingat masih masa pandemi. Dari enam cabor yang diseleksi, Kota Pekalongan mengirimkan atlet pada dua cabor, karena seleksi POPNAS sangat ketat sekali. Untuk atlet yang mengikuti, sebelumnya pernah menoreh prestasi tingkat provinsi pada POPDA tahun 2019,” katanya.

Pihaknya berharap pada seleksi tahap berikutnya, lebih banyak lagi atlet Kota Pekalongan yang lolos seleksi. Ia juga berpesan kepada para atlet, untuk menjaga kesehatan dan konsisten latihan sehingga harapannya bisa memberikan penampilan maksimal dan menoreh berprestasi.

“Kalau atlet bisa tampil secara maksimal, harapan kami bisa membawa nama baik Kota Pekalongan, Jawa Tengah dan juga untuk meniti karier atlet itu sendiri. Terlebih jika dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi, maka berkesempatan mengikuti PON, Asean Games maupun Olimpiade,” katanya.

Sementara itu, secara terpisah salah satu atlet yang saat ini tengah menjalani masa pemusatan latihan di Semarang, Putra Sapto Nugroho saat dikonfirmasi melalui telepon menyampaikan, sebelumnya sudah pernah mengikuti kejuaraan serupa pada 2018. Di tahun ini, ia mengaku optimistis dan berlatih dengan lebih serius. Selain itu, doa juga menjadi salah satu kunci agar diberikan kemudahan.

“Menjelang POPNAS saya latihan dengan lebih serius, menjalankan program yang sudah diberikan oleh pelatih, menjaga pola makan dan istirahat cukup. Harapannya, di POPNAS nanti saya bisa membawa pulang medali emas dan membanggakan Jateng serta Kota Pekalongan,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!