Di Tengah Pandemi, Kirab Pusaka HUT ke-420 Kabupaten Tegal Tetap Digelar

Salah satu rangkaian acara kirab Pusaka dan Pataka di gedung DPRD Kabupaten Tegal, dalam rangka HUT Ke 420 Kabupaten Tegal, Selasa siang, 18 Mei 2021. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Slawi – Pandemi Covid-19 belum mereda dan kasus positif Covid-19 kembali naik, tapi Pemerintah Kabupaten Tegal tetap menggelar kirab Pusaka dan Pataka dalam peringatan Hari Ulang Tahun HUT ke-420, Selasa siang, 18 Mei 2021. Perayaan digelar secara sederhana untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pelaksanaan kirab pusaka dan pataka yang menjadi puncak kegiatan HUT Kabupaten Tegal hanya diikuti jajaran Forkompinda dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tanpa melibatkan masyarakat seperti saat sebelum terjadi pandemi.

Acara diawali dengan upacara kirab pusaka tombak Kiai Pleret dan Pataka Pakta Integritas Kabupaten Tegal di rumah dinas Bupati Tegal. Hal ini tentu berbeda dengan tahun sebelum pandemi yang selalu disambut antusias ribuan warga.

Selain itu, kirab pusaka dan pataka yang dimulai dari rumah dinas bupati menuju kantor DPRD, dilakukan menggunakan iring-iringan kendaraan, bukan berjalan kaki seperti sebelumnya.

“Peringatan HUT Kabupaten Tegal tetap digelar untuk menghormati perjuangan pendiri Kabupaten Tegal, Ki Gede Sebayu,” kata Bupati Tegal Umi Azizah.

Peringaran HUT Kabupaten Tegal kali ini mengambi tema “Kabupaten Bangkit”. Harapannya, adanya pandemi COVID-19 ini tidak membuat masyarakat pesimis. Justru masyarakat harus optimistis dan tetap semangat untuk melawan COVID-19.

“Harapan kami, ini menjadi momentum kebangkitan ekonomi di Kabupaten Tegal. InsyaAllah dalam waktu dekat, kami akan launching UMKM Center,” katanya.

Untuk UKM Center ini, Pemkab Tegal telah menyiapkan lokasinya, yakni di CoWorking Space (Traking Space) yang ada di area Taman Rakyat Slawi (Trasa). Menurut Umi, nantinya akan ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati para pelaku usaha.

“Fasilitasnya adalah konsultasi bagi para pelaku usaha. Mulai dari soal produk, permodalan, ijin usaha, marketing dan lain lain dalam upaya UMKM Go Digital,” kata Umi.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!