Kabar Baik, Jumlah Kasus DBD di Brebes Turun Drastis, Ini Datanya

PUSKAPIK.COM, Brebes – Sampai awal Mei tahun 2021 ini, jumlah kasus demam berdarah di Brebes, trun drastis. Dari 35 penderita, hanya satu orang yang meninggal dunia.

Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes mencatat, kasus Demam Berdarah Dengue dinilai turun signifikan. Berdasarkan data sepanjang Januari hingga awal Mei saat ini, jumlah kasus DBD hanya 35 penderita dan satu orang meninggal dunia. Angka tersebut, sangat berbeda jauh dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Imam Budi Santoso, Rabu 19 Mei 2021 mengungkapkan, sepanjang tahun 2020 kasus DBD di kota bawang mencapai 252 kasus. Untuk periode Januari hingga awal Mei 2020 tercatat 155 penderita.

Jumlah itu, belum termasuk 5 orang yang meninggal dunia karena tidak tertolong saat dirawat intensif. Pada tahun 2021, jumlah penderita DBD turun. Sejak Januari sampai awal Mei 2021, tercatat hanya 35 orang dan satu meninggal dunia.

“Dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kasus DBD Januari-awal Mei 2021, turun seperlimanya. Yakni, 35 kasus dan satu balita meninggal dunia. Periode sebelumnya 155 penderita dengan kematian 5 orang,” terangnya.

Meski tren DBD turun, lanjut Imam, masyarakat diimbau untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Termasuk, disiplin membersihkan lingkungan sekitar dan pemberantasan sarang nyamuk. Kemudian, selalu menghilangkan genangan air yang menjadi sarang jentik nyamuk. Di sisi lain, meningkatnya kesadaran masyarakat untuk segera memeriksakan kesehatan.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!