Dinkes Pemalang Targetkan 115 Ribu Lansia Divaksin Corona

Pendistribusian vaksin Covid-19 ke kabupaten/kota hingga belum jelas meski telah sampai di Provinsi Jawa Tengah. FOTO/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM,Pemalang- Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pemalang menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap 115 ribu lansia di Kabupaten Pemalang tercapai 100 persen.

Ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengandalian Penyakit (P2P) DKK Pemalang, dr Yulies Nuraya Kamis 20 Mei 2021. Menurutnya, prioritas utama vaksinasi sudah menargetkan lansia. Sebagaimana sebelumnya vaksinasi telah dilaksanakan dengan memprioritaskan tenaga kesehatan, pejabat pelayanan publik dan TNI-Polri.

“Ketika masuk pada tahap vaksinasi pejabat pelayanan publik, ternyata kementerian pusat, melalui pak menteri menyampaikan data yang menunjukan risiko tertinggi korban meninggal masih didominasi oleh lansia. Akhirnya memutuskan kebijakan vaksinasi diprioritaskan kepada lansia,” ujarnya.

Untuk kesiapan, kata Yulies, DKK Pemalang sudah menyediakan total 35 faskes baik Rumah Sakit maupun Puskesmas. Sedangkan Nakesnya sudah ada minimal 5 orang yang ditugaskan di setiap faskes.

“Untuk semua faskes sudah di drop persediaan vaksinnya. Khusus untuk Puskesmas disesuaikan dengan data jumlah lansia di wilayah tersebut. Puskesmas juga sudah melibatkan perangkat desa dalam sosialisasi dan pendataan vaksinasi lansia tersebut,” katanya.

Yulies berharap, masyarakat Pemalang khususnya lansia untuk tidak takut vaksinasi. Kita bersama-sama mendukung program pemerintah untuk mencapai minimal 70 persen kekebalan terhadap Covid-19.

“Pemerintah sudah menjamin keamanan vaksin, tidak mungkin negara memberikan hal yang tidak baik untuk rakyatnya, sekali lagi mari kita sukseskan program vaksinasi ini agar pandemi ini cepat tertangani,” pungkasnya.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!