Siap Kembali ke Pondok, Ratusan Santri di Kota Tegal Jalani Swab Antigen

Salah satu santri sedang menjalani tes swab yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Sabtu siang, 22 Mei 2021. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Menjelang berangkat ke pondok pesantren masing-masing, ratusan santriwan dan santriwati di Kota Tegal menjalani swab antigen, Sabtu siang, 22 Mei 2021. Swab dipusatkan di pendopo Kantor Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal.

Ketua PCNU Kota Tegal Abdal Hakim Tohari mengatakan, Senin, 24 Mei 2021 para santri dan santriwati sudah masuk ke pesantren masing-masing. Mereka sebagian besar berangkat ke Lirboyo.

“Waktu pulang dari Lirboyo kita kerja sama dengan Dinkes juga kita lakukan swab. Dan sekarang akan berangkat maka kita bertanggung jawab menjaga prokes, termasuk swab untuk memastikan sebelum masuk ke pesantren,” ujar Abdal Hakim.

Abdal Hakim menambahkan, swab santri dilakukan atas kerja sama PCNU Kota Tegal dengan dinas kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Bandung. Swab dilakukan sebagai syarat masuk ke Pesantren untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Salah satu syarat masuk ke pesantren harus swab. Senin sudah berangkat masuk ke sana dan insya allah bebas Covid,” kata Abdal Hakim.

Kepala Puskesmas Bandung, dr Susan Rizal mengatakan, sebelum melaksanakan swab antigen khusus terhadap 140 santri, pihaknya sudah lebih dulu melaksanakan swab kepada para ustaz di seluruh kecamatan di Kota Tegal.

Menurut Susan, santri yang telah di-swab akan menerima surat hasil rapid tes antigen. Meski hasil swabnya negatif, para santri tetap harus menerapkan protokol kesehatan 5 M.

“Kalau hasilnya positif langsung isolasi mandiri di rusunawa untuk swab PCR sampai hasil keluar. Sampai saat ini hasilnya negatif semua. Mudah mudahan semua negatif,” tandas Susan.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!