Di Brebes, Selama PPKM Level 4, Angka Kesembuhan Naik, BOR Turun Drastis

PUSKAPIK.COM, Brebes – Di Kabupaten Brebes, selama pelaksanaan PPKM level 4, angka kesembuhan dan Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit, mengalami perubahan drastis.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Brebes, dr Aries Suparmiati menjelaskan, dari 201 bed yang tersedia, hanya terisi 71 bed. Sedangkan sisanya 170 bed, saat ini sudah dalam kondisi kosong.

“Makin turun ya BOR nya. Per hari ini kamar isolasi yang terisi 71 dan 170 sudah kosong. Di RSUD semuanya ada 201 bed. Jadi memang selama PPKM terjadi penurunan yang cukup drastis,” ungkap Aries Suparmiati, Senin (2/8/2021).

Sedangkan soal kematian pasien COVID-19 di RSUD Brebss, Aries Suparmiati menegaskan, juga terjadi penurunan drastis. Bahkan, sambung dia, sejak dua hari lalu tidak ada pasien yang meninggal dunia.

“Sudah turun juga kematian pasien di RSUD Brebes, sudah dua hari malahan tidak ada pasien yang meninggal,” imbuhnya.

Penurunan occupancy rate juga terjadi di rumah sakit swasta rujukan COVID-19. Direktur RS Bhakti Asih, dr Khosiatun Azmi mengatakan, dari 60 bed sekarang hanya 42 bed yang terisi. Sedangkan kematian di rumah sakti ini hingga hari ini masih, hanya saja rata rata 1 orang per hari.

“BOR di rumah sakit ini (RS Bhakti Asih) tidak seperti kemarin masih 100 persen pada tanggal 26 Juli. Sekarang keterisiannya sudah turun menjadi 70 persen dari 60 bed,” ujar Azmi.

Sementara, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Brebes, Imam Budi Santoso, saat diwawancara mengatakan, pelaksanaan PPKM telah berhasil meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan jumlah kasus harian.

Data di Dinas Kesehatan menyebut, tanggal 5 dan 13 Juli angka harian mencapai 103 kasus. Kemudian tanggal 19 Juli angka harian tercatat sebanyak 71 kasus. Sedangkan hari ini, angka positif harian sudah turun pada 23. Untuk angka kesembuhan, mengalami kenaikkan dari 84,45 menjadi 84,78 persen.

“Laporan yang masuk, positife rate ini sekarang pada 23. Kemudian kesembuhan 84,78 persen,” terang Imam Budi Santoso.

Hingga hari ini, total kasus positif di Brebes hingga hari ini sebanyak 10.013 orang. 8490 telah sembuh dan meninggal dunia 1.021 orang. Untuk hari ini, jumlah kasus aktif sebanyak 503, yang masih dirawat 265 dan sisanya menjalani isolasi mandiri.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!