Lihat, Laboratorium PCR di RSUD dr M Ashari Pemalang Diresmikan

Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, menandatangani prasasti laboratorium PCR di RSUD dr M Ashari Pemalang pagi tadi, Senin 20 September 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Setelah sekian lama dipersiapkan, laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSUD dr M Ashari Pemalang akhirnya diresmikan.

Laboratorium PCR di RSUD dr M Ashari itu diresmikan oleh Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, pagi tadi, Senin 20 September 2021.

Direktur RSUD dr M Ashari, dr Sunardo Budi Santoso, menuturkan, laboratorium PCR ini dianggarkan sebesar Rp 1,2 miliar melalui dana APBD.

“Laboratorium ini didukung ketenagaan 3 dokter spesialis, yaitu patologi klinik, mikrobiologi klinik, dan patologi anatomi.” jelas Sunardo.

Kemudian, lanjut Sunardo, juga didukung 29 orang tenaga analis dan 6 orang tenaga administrasi. Kemampuan laboratorium PCR akan diselenggarakan dalam 2 shift.

“Masing-masing shift bisa running sampai 3 kali. Sekali running sebanyak 96 sampel,” terang Sunardo.

Namun dalam tahap awal, kata Sunardo, kemungkinan dalam 1 shift dilakukan 1 kali running. Maka dalam sehari hanya 2 kali running.

“Harapan kami dengan adanya laboratorium PCR ini mempercepat diagnosa Covid-19 dan membantu Pemalang dalam upaya testing dan tracing,” tutur Sunardo.

Diberitakan sebelumnya, Rabu 23 Juni 2021, Alat Polymerase Chain Reaction (PCR) tengah dipersiapkan di RSUD dr M Ashari, Pemalang. Diharapkan, alat ini mampu mempercepat diagnosa Covid-19.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!