Sebelas Kades Terpilih Pilkades Serentak Pemalang 2022 Dilantik

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Sebelas kepala desa yang terpilih dalam Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak Kabupaten Pemalang 2022 dilantik, Selasa 13 Desember 2022. Mereka dilantik oleh Plt Bupati Mansur Hidayat di Pendopo Kantor Bupati Pemalang.

Seperti diketahui, ada 11 Desa di wilayah Kabupaten Pemalang yang melaksanakan Pilkades serentak pada tanggal 9 Oktober 2022 lalu.
Sebelas kepala desa (Kades) yang terpilih dan kini resmi dilantik yaitu :

1. Sutrisno, Desa Pegundan Kecamatan Petarukan
2. Setya Pambudi, Desa Jebed Utara Kecamatan Taman
3. Supriyanto, Desa Kertosari Kecamatan Ulujami
4. Samsul Huda, Desa Kelangdepok Kecamatan Bodeh
5. Asrori, Desa Banjaranyar Kecamatan Randudongkal
6. Purwo Sasmito, Desa Karangsari Kecamatan Pulosari
7. Gunawan, Desa Ujunggede Kecamatan Ampelgading
8. Rojim, Desa Jatirejo Kecamatan Ampelgading
9. M. Kharis Munawir, Desa Warungpring Kecamatan Warungpring
10. Rinto, Desa Beluk Kecamatan Belik
11. Kiarno, Desa Bodas Kecamatan Watukumpul

Dalam sambutannya, Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengingatkan sebelas kades terlantik itu agar menjaga amanah warga dengan tidak menyelewengkan jabatannya untuk kepentingan pribadi maupun golongan.

Selain itu, dirinya meminta para kades untuk melakukan konsolidasi pasca kontestasi Pilkades lalu. Konsolidasi dilakukan baik di jajaran perangkat pemerintah desa maupun ditengah masyarakat demi lancarnya roda pemerintahan.

“Lakukan konsolidasi internal dengan seluruh jajaran perangkat desa agar roda pemerintahan berjalan optimal. Pulihkan kondisi psikologis masyarakat yang mungkin sempat terkotak-kotak.” ujar Mansur.

Sementara dalam upaya pembangunan daerah, Mansur meminta agar kades memahami betul potensi yang dimiliki desanya, untuk dimanfaatkan dan dikelola dalam rangka membangkitkan ekonomi desa maupun daerah.

“Perlu dipahami juga, keberhasilan pembangunan desa sangat ditentukan partisipasi masyarakatnya. Maka kades harus mampu membangkitkan partisipasi masyarakat, bersama-sama membangun desanya.” tandas Mansur Hidayat.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!