Lihat, Ratusan Benda Pusaka Nusantara Dipamerkan di Taman Patih Sampun Pemalang

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ratusan tosan aji atau benda-benda pusaka Nusantara dipamerkan dalam acara “Pemalang Ku Berbudaya” di Taman Sampun Pemalang yang berlangsung sejak tanggal 16 hingga 18 Desember 2022 besok.

Pameran dan bursa tosan aji tingkat nasional ini digelar Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Garda Bangsa Pemalang. Event tersebut pun menjadi ajang berkumpulnya para pecinta tosan aji dari berbagai daerah di tanah air.

Benda-benda pusaka yang dipamerkan diantaranya berbagai macam jenis keris nusantara, tombak, badik, kujang, dan masih banyak lagi. Pelapak juga menjual berbagai aksesoris seperti batu akik dan barang-barang klasik yang memiliki nilai seni.

Ketua DKC Garda Bangsa, Rifki Romadhoni, menuturkan, lewat pameran dan bursa tosan aji ini dirinya ingin menguatkan kembali minat generasi muda dengan tosan aji yang merupakan warisan budaya luhur bangsa Indonesia.

“Kita punya misi untuk merubah stigma tentang tosan aji di kalangan anak muda, bahwa tosan aji ini bukan mistis, bukan klenik. Tosan aji ini karya seni yang luar biasa dengan nilai filosofis yang tinggi.” ujarnya, Sabtu 17 Desember 2022.

Maka itu, kata Rifki, dalam event ini juga diadakan diskusi seni budaya yang khusus membahas tosan aji. Harapannya, diskusi budaya tersebut mampu membuang stigma negatif mengenai tosan aji, sehingga keberadaannya tetap lestari.

“Apalagi teman-teman pecinta tosan aji ini datang dari berbagai daerah, ada Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jogja, dan daerah-daerah lain. Semoga mereka bisa memberikan edukasi ke masyarakat, khususnya di Pemalang ini.” jelasnya.

Sebagai informasi, acara pameran dan bursa tosan aji “Pemalang Ku Berbudaya” ini dibuka sejak Jumat 16 Desember 2022 kemarin, sekaligus pelantikan pengurus DKC Garda Bangsa Pemalang 2022-2027.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!