Bank Indonesia Tegal Gelar Festival Bawang Merah Brebes 2023

PUSKAPIK.COM, Tegal – Dalam rangka menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bawang merah nasional, Kantor Perwakilan (KPw) BI Tegal berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Brebes menyelenggarakan “Festival Bawang Merah Brebes 2023”, Jumat 21 Juli 2023.

Festival yang baru pertama digelar tersebut berlokasi di komplek Islamic Center Kabupate Brebes berlangsung sampai tanggal Minggu, 23 Juli 2023. Acara Festival Bawang Merah Brebes 2023 secara resmi dibuka oleh Menteri Pertanian, yang diwakili oleh Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto. Acara ini juga dihadiri para anggota TPID Brebes, Petani, Pelaku Usaha, Media hingga masyarakat umum.

Dalam serangkaian pembukaan juga dilakukan launching ekspor 4 kontainer Bawang Merah Brebes ke Thailand sebanyak 108 ton, serta penandatanganan MoU Kerjasama Antar Daerah (KAD) antara Pemerintah Kabupaten Brebes dengan Pemerintah Kota Tegal dan Pemerintah Kota Jambi.

Festival Bawang Merah Brebes 2023 merupakan perwujudan program unggulan dalam rangka sinergi program TPID di wilayah Eks Karesidenan Pekalongan pada GNPIP tahun 2023 yaitu, sebgai dukungan memperkuat ketahanan komoditas hortikultura dan pasokan pangan strategis lainnya, perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD), serta Penguatan koordinasi dan komunikasi untuk menjaga ekspektasi inflasi.

Adapun agenda Festival ini meiputi penigkatan literasi terkait budidaya bawang merah melalui sosialisasi dan edukasi khususnya bagi para petani, edukasi QRIS dan Sosialisasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah, launching ekspor Bawang Merah, penandatanganan MoU KAD, showcasing lebih dari 50 UMKM Binaan Bank Indonesia, Pemkab Brebes dan Stakeholder terkait, kampanye penggunaan produk turunan bawang merah serta perlombaan dan festival budaya tradisional bertemakan bawang merah seperti Karnaval, Pemilihan Duta Bawang Merah Brebes dan Lomba Memasak.

“Kedepan Festival Bawang Merah Brebes akan diagendakan sebagai Flagship Event tahunan Kab. Brebes untuk mengkampanyekan tradisi dan budaya Brebes yang sangat erat kaitannya dengan Bawang Merah,” ujar Deputi Kepala Perwakilan BI Tegal, Teguh Triyono, disela-sela acara.

Taufik menambabkan, Brebes sebagai salah satu wilayah penghasil utama bawang merah di Indonesia menyumbang lebih dari 384,4 ribu ton atau 19,5% dari produksi bawang merah nasional nasional pada tahun 2023.

“Jadi, sumbangsih bawang merah Brebes terhadap produksi bawang merah nasional cuku tinggi,” pungkas Teguh.

Sedianya, acara Festival Bawang Merah ini akan dihadiri Menteri Pariwasata Ekononomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, namun keduanya berhalangan hadir.

Nampak pejabat yang hadir Pj. Bupati Brebes, Urip Sihabudin, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Teguh Triyono, Ketua Tim Kerja Event Daerah Wilayah Jawa, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif , Trindiana Tikupasang, Staf Khusus Bidang Hubungan Antar Lembaga, Kementerian Perdagangan, Syailendra, Kepala Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi, Badan Pangan Nasional, Nyoto Suwignyo.

Kontributor : Wijayanto

Loading

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!