Caur Dilanda Kekeringan, Perumda Tirta Mulia Pemalang Kirimkan Bantuan Air Bersih

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Puluhan ribu liter air disalurkan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang untuk warga Dukuh Caur Desa Tambakrejo Kecamatan Pemalang yang sudah satu bulan lamanya dilanda krisis air bersih.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia, Slamet Efendi, terjun langsung menyalurkan bantuan air bersih tersebut kepada warga Caur didampingi Direktur Administrasi dan Keuangan, Moch. Arief Setiawan, Jumat 13 Oktober 2023.

“Hari ini kita kirimkan air bersih untuk warga Caur, sebagai wujud kepedulian untuk saudara-saudara kita yang terdampak kekeringan. Kita kirim 4 truk tangki atau 20.000 liter air.” ujar Slamet Efendi.

Slamet Efendi atau yang akrab disapa ‘SE’ itu mengungkapkan keprihatinannya atas bencana kekeringan yang menimpa sejumlah wilayah Kabupaten Pemalang akibat kemarau panjang, seperti di Dukuh Caur Desa Tambakrejo ini.

“Untuk seluruh wilayah Pemalang terdampak kekeringan, total sudah kita terjunkan 30 tangki (120 liter air). Mayoritas di wilayah punggung seperti Watukumpul, Belik, Pulosari.” jelas Slamet Efendi.

“Jadi yang kita bantu itu yang belum terjamah jaringan PDAM. Disini (Tambakrejo) sebagian sudah dan ada yang belum, salah satunya di Dukuh Caur. Kendalanya ya anggaran.” imbuhnya.

Perumda Tirta Mulia juga mendukung lembaga-lembaga lain yang mengajak bekerjasama menyalurkan bantuan air bersih. “Artinya bukan hanya kita yang bergerak, tapi semua juga peduli, gotong royong membantu saudara kita.” kata SE.

Slamet Efendi menegaskan, pihaknya sudah maksimal ikut menangani dampak kekeringan dengan menyalurkan air bersih ke warga. Hanya saja, terbatasnya armada tangki air menjadi kendala dalam upaya penyaluran bantuan air bersih ini.

“Jadi armada kita yang layak jalan hanya 4, itu setiap hari operasional semua. Baik mengakomodir permintaan masyarakat ataupun program kita. Semoga nanti ada support dari DPR dan Pemda untuk menambah armada kita.” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tambakrejo, Hadi Sutejo, menuturkan, krisis air sudah menimpa desanya hampir satu bulan lamanya, khususnya di Dukuh Caur RT 4 RW 3. Dimana di wilayah tersebut diperkirakan terdapat 1.200 KK.

“Disini kekeringan sudah hampir satu bulan. Kami menyampaikan banyak-banyak terima kasih kepada PDAM Tirta Mulia, Alhamdulillah responnya cepat sekali menyalurkan bantuan ini, kemarin kita juga sering dibantu.” ungkapnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!