Tanah Longsor Terjang Rumah Warga di Watukumpul Pemalang

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Tanah longsor menerjang sejumlah rumah di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang pasca hujan deras mengguyur wilayah setempat, Minggu 3 Maret 2024.

Bencana tanah longsor itu di antaranya terjadi di Desa Tundagan, Kecamatan Watukumpul, tepatnya di Dusun Sirongge RW 04 dan Dusun Rejasari RW 03.

Bencana tersebut mengakibatkan 3 rumah mengalami rusak parah, 4 rumah rusak ringan, dan 14 rumah serta 2 fasilitas pendidikan (Sekolah Dasar) terancam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang, Andri Adi, mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan personil untuk penanganan bencana.

“BPBD sudah meluncurkan 4 personil untuk kirim permakanan bagi warga terdampak,” kata Andri saat dihubungi puskapik.com Minggu malam.

BPBD juga menerjunkan personil untuk melakukan pendataan kerugian yang muncul akibat bencana longsor itu, termasuk kondisi SD Tundagan.

Selain Tundagan, bencana tanah longsor juga terjadi Dukuh Tlaga RT 09 RW 03 Desa Tlagasana. Longsor mengancam 3 rumah di wilayah tersebut.

“Untuk Desa Tambi longsor beberapa kubik tanah menutup jalan kabupaten jalur desa Badak-Tambi.” ungkap Andri.

Andri memastikan, tidak ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor yang terjadi di sejumlah wilayah Kecamatan Watukumpul itu.

“Untuk Desa Tundagan kami minta Pak Kades agar pastikan warga ke lokasi yang aman dan waspada lingkungannya. Lakukan pengungsian jika perlu.” ujarnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!