Alokasi Pupuk di Pemalang Bertambah Hingga 90 Persen

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Alokasi pupuk subsidi di Kabupaten Pemalang meningkat hingga 90 persen pada pertengahan tahun 2024 guna mendukung penambahan produksi pangan berskala nasional.

Penambahan alokasi pupuk urea tersebut tertuang dalam surat keputusan yang diteken Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, nomor 100.3.3.2/194 Tahun 2024 Tentang Penetapan Alokasi Pupuk.

Angka penambahan alokasi pupuk subsidi ini pun cukup fantastis, di mana ada dua jenis pupuk subsidi yang alokasi kuotanya bertambah yaitu pupuk urea dan pupuk NPK.

Alokasi pupuk Urea bertambah menjadi 23.799 ton (90%) dari sebelumnya hanya 13.921 ton di awal tahun. Sementara pupuk NPK bertambah menjadi 17.154 ton (70%) dari angka sebelumnya 8.024 ton.

“Alhamdulillah Pemalang mendapatkan tambahan kuota pupuk. Angkanya sangat besar dan pas untuk petani Pemalang,” kata Budi Santoso, Kabid Sarpras Dispertan Pemalang, Kamis (4/7/2024).

Budi Santoso menyebut, penambahan alokasi ini dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Dispertan Provinsi Jawa Tengah dalam rangka peningkatan produksi pangan.

Sebagaimana diketahui Pemalang menjadi salah satu daerah penyangga produksi pangan untuk memenuhi pasokan di Provinsi Jawa Tengah.

Diharapkan penambahan alokasi pupuk tersebut dapat disambut baik para petani untuk mendukung program penambahan produsi pangan terutama beras skala nasional.

Dinas Pertanian Pemalang pun kini melakukan sosialisasi dengan penyuluh pertanian, pendamping dan ulu-ulu vak terkait distribusi alokasi pupuk yang kuotanya bertambah sejak bulan Juni lalu.

Hal ini dilakukan agar para petani bisa mendapatkan informasi bahwa ada penambahan kuota pupuk dari pemerintah pusat untuk musim tanam di pertengahan tahun ini.

Penulis : Eriko

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!