Brebes  

DPRD Brebes Minta PAD Terus Ditingkatkan, Saat Paripurna Pertanggungkawaban APBD Tahun 2023.

PUSKAPIK.COM, Brebes – DPRD Kabupaten Brebes, meminta Pendapatan Asli Daerah (PAD) terus ditingkatkan, dan semua potensi PAD harus digenjot. Hal ini terungkap dalam pandangan fraksi pada Rapat Paripurna DPRD Brebes tentang Raperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2023, Kamis (11/7/2024).

Sejumlah Fraksi DPRD Brebes yang diwakili Fraksi Gerindra menyampaikan, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupkan bagian dari proses pengelolaan keuangan daerah. Hal ini dilakukan setelah melakukan proses penyusuanan rancangan APBD, persetujuan RAPBD oleh DPRD, pengesahan APBD oleh pemerintah pusat, penetapan menjadi APBD dan pelaksanaan APBD selesaikan dilakukan. Anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Brebes TA 2023 terdiri dari pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan.

“Komponen di atas merupakan sangat vital. Ini tidak lain untuk menunjang perkembangan daerah nantinya,” ungkap juru bicara Fraksi Gerindra DPRD Brebes Nur Endro

Menurut dia, APBD juga merupakan rencana tahunan pemerintah daerah yang menggambarkan semua hak dan kewajiban daerah dalam rangka penyelenggaraan pemda.

“Memperhatikan potensi yang masih akan dihadapi maka saran pendapatan daerah yang ditetapkan harus dapat bertambah. Penerimaan daerah lainnya tercermin dari adanya peningkatan realisasi penerimaan PAD,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, belanja daerah yang disediakan harus dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan program daerah. Demikian juga untuk penggunaan belanja daerah, diharapkan dapat lebih diarahkan dalam mendukung peningkatan nilai tambah sektor ekonomi yang dapat memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

“Penggunaan belanja juga harus dapat meningkatkan kuantitas serta kebutuhan dasar masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, perumahan dan permukiman, penanggulangan masal sosial, menjaga kelayakan penyediaan fasilitas umum dan failitas sosial,” pungkasnya. **

Penulis : kus_red

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!