Elektabilitas Mansur Hidayat Teratas, Ini Faktornya

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menjelang Pilkada tahun 2024 yang baru dirilis menyebut, elektabilitas calon bupati petahana Mansur Hidayat diposisi teratas. Dari survei itu, diketahui juga beberapa faktor pendorong tingginya elektabilitas Mansur Hidayat.

Direktur Eksekutif LKPI, Togu Lubis mengungkapkan, tingginya tingkat elektabilitas calon Bupati petahana salah satunya dipengaruhi kinerjanya. Mansur Hidayat selama ini diketahui masyarakat bertugas tanpa memiliki wakil bupati, tetapi mampu berkerja baik dalam menjalankan program programnya.

“Dalam hasil survei kepuasan masyarakat Pemalang terhadap kinerja Pemkab Pemalang dalam kepemimpinan Mansur Hidayat menunjukan angka kepuasan masyarakat sebesar 86,7%. Sedangkan yang tidak puas dan tidak memberikan penilaian sebanyak hanya 13,3%,” ungkapnya

Menurut dia, hal ini juga membuktikan bahwa tingkat kepuasan masyarakat Pemalang tinggi. Di sektor Pertanian misalnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Mansur Hidayat sangat tinggi hingga mencapai 89,9%.

“Angka ini signifikan dengan yang terjadi di lapangan. Misalnya, terkait ketersediaan pupuk di Kabupaten Pemalang sebagai salah satu sentra produksi beras di Jawa Tengah dikategorikan aman,” jelasnya.

Togu menerangkan, begitu juga masyarakat Kabupaten Pemalang menilai puas dengan kinerja Mansur Hidayat di sektor pendidikan dengan angka 86,1%. Hal itu seiring dengan kegiatan Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pemalang.

Dalam bidang pelayanan kesehatan, sambung dia, angka kepuasan masyarakat terhadap kinerja petahana Bupati Pemalang juga menunjukan angka 86,9%. Dimana dari program Pemerintah Kabupaten Pemalang menerapkan layanan Universal Health Coverage (UHC) membuat masyarakat banyak terbantu.

“Dengan diterapkan layanan UHC ini setiap warga Pemalang mendapatkan jaminan kesehatan gratis. Sehingga masyarakat merasakan puas dengan berbagai program tersebut,” pungkasnya.**

Penulis : Eriko

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!