Perpusda Jadi Daya Tarik Anak-Anak Bermain Sambil Belajar Selama Masa Libur Sekolah

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Di masa liburan sekolah, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Pekalongan menjadi salah satu alternatif bagi pelajar sekolah untuk mengunjungi dan membaca buku. Selain didukung dengan aneka referensi buku, mulai dari bacaan anak-anak hingga buku pengetahuan umum, ketersediaan layanan internet dan layanan sarana bermain anak (playground), Perpusda yang terletak di Jalan H. Sabrawi, Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar dari berbagai kelompok umur, khususnya para siswa SD/PAUD yang sementara menikmati waktu liburan mereka hingga p
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan, Soeroso melalui Kepala Bidang Perpustakaan, Ismanto menjelaskan bahwa, selama masa liburan anak-anak sekolah, dari program Perpusda Kota Pekalongan sendiri tidak hanya fokus pada peminjaman buku saja, tetapi berkomitmen menjadikan perpustakaan ini menjadi destinasi untuk anak-anak rekreasi seperti bermain di area playground, membaca buku, menikmati layanan audio visual, dan sebagainya.
“Di Gedung baru Perpusda ini pada masa liburan sekolah, rata-rata kunjungan pemustaka ada 200 orang per hari dibandingkan di gedung lama sebelum berpindah disini kenaikannya sampai dua hingga tiga kali lipat tingkat kunjungannya,”tuturnya.
Menurutnya, sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan Perpusda ini, mengingat sarana dan prasarana di Gedung Baru Perpusda ini sudah memadai. , di dalam Gedung Baru Perpusda Kota Pekalongan ini terdapat beberapa fasilitas diantaranya untuk lantai 1 ada layanan area permainan dan wahana edukasi bagi anak dan layanan disabilitas menggunakan huruf braile, serta ruang referensi. Kemudian, di lantai 2 ada banyak koleksi buku-buku mulai dari buku fiksi, non fiksi, bahasa asing, dan sebagainya, serta di lantai 3 ada fasilitas layanan administrasi, ruang diskusi, audio visual, dan podcast. Dalam Perpusda tersebut juga dilengkapi dengan toilet, ruang sholat, ruang laktasi, pendingin ruangan, fasilitasi internet dan pojok baca, serta pojok statistik.
Di dalam Gedung Baru Perpusda Kota Pekalongan ini terdapat beberapa fasilitas diantaranya untuk lantai 1 ada layanan area permainan dan wahana edukasi bagi anak dan layanan disabilitas menggunakan huruf braile, serta ruang referensi. Kemudian, di lantai 2 ada banyak koleksi buku-buku mulai dari buku fiksi, non fiksi, bahasa asing, dan sebagainya, serta di lantai 3 ada fasilitas layanan administrasi, ruang diskusi, audio visual, dan podcast. Dalam Perpusda tersebut juga dilengkapi dengan toilet, ruang sholat, ruang laktasi, pendingin ruangan, fasilitasi internet dan pojok baca, serta pojok statistik.
“Kalau kunjungan di hari biasa, dalam sepekan paling sekitar 500 orang, dimana Hari Senin sampai dengan Kamis sekitar 300 kunjungan, hari weekend kami tetap buka layanan setengah hari mencapai 200 orang. Setiap tahun, kami juga mendapatkan tambahan koleksi buku yang bersumber dari APBD Kota Pekalongan. Bahkan, tahun 2023 lalu kami mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk tambahan koleksi buku sebanyak 1.625 judul, dan dari Pemkot 200 judul buku,”terangnya.
Ismanto menyebutkan, adapun jam kerja layanan Perpusda Kota Pekalongan mulai pukul 07.30-15.45 WIB untuk Hari Senin sampai dengan Kamis, Hari Jumat pukul 07.30-14.00 WIB, dan weekend pada
Hari Sabtu dan Minggu pukul 07.30-13.30 WIB.
“Rata-rata untuk area ruang bermain anak masih mendominasi kunjungan, tetapi ruang baca koleksi pustaka juga meningkat selama masa liburan sekolah ini. Kunjungan biasanya ramai ketika pagi menjelang siang,”tegasnya
Pengunjung Perpusda Kota Pekalongan, asal Kelurahan Poncol, Vivi mengaku sengaja berkunjung ke perpustakaan bersama suami dan anaknya yang masih berusia 8 bulan untuk mengedukasi sejak dini hal-hal baru kepada anak batitanya seperti aneka buku cerita, permainan untuk melatih motorik dan sensorik anak.
“Anak Saya masih 8 bulan sengaja Saya ajak kesini untuk mengenalkan dunia anak yang identik dengan bermain sembari mengedukasi dengan buku-buku cerita bergambar. Alhamdulillah di perpustakaan ini juga banyak fasilitas untuk anak usia dini,”katanya.
Hal senada diungkapkan pengunjung asal Kelurahan Tirto, Laras, bahwa ia memang baru pertama kali ke Gedung Baru Perpusda Kota Pekalongan bersama anaknya. Menurutnya, gedung baru Perpusda Kota Pekalongan lebih nyaman dibandingkan gedung lama di Jalan Jetayu, Kecamatan Pekalongan Utara. Ia mengaku sengaja mengajak anaknya yang tengah duduk di bangku PAUDĀ  ke Perpusda Kota Pekalongan untuk mengenalkan budaya gemar membaca dan mengisi waktu luang yang bermanfaat selama libur sekolah.
“Alhamdulillah anaknya suka dan nyaman dengan tempatnya. Disini ada area bermain, aneka buku-buku cerita, majalah anak, dan lain-lain. Terlebih, lokasi Perpusda ini juga dekat dari rumah,”pungkasnya. **
Penulis : Ryo

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!