TMMD Tahap III Tahun 2024 Sasar Peningkatan Jalan Beton di Kelurahan Degayu

PUSKAPUK.COM, Pekalongan – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran (TA) 2024 kembali diselanggarakan di Kota Pekalongan dengan mengusung tema “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Pembangunan di Wilayah” yang melibatkan Pemerintah Kota Pekalongan, jajaran TNI dan masyarakat setempat. Kali ini kegiatan TMMD Tahap III Tahun 2024 menyasar kegiatan fisik utama peningkatan jalan beton di Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Pembukaan TMMD tersebut ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan berita acara serah terima Program TMMD dari Asisten Pemerintahan, dan Kesejahteraan Rakyat Setda, Soesilo kepada Kasdim 0710/Pekalongan, Mayor Arh Akhmad Thohir, berlangsung di Lapangan Setono Kota Pekalongan, Rabu (24/7/2024).
Usai membuka kegiatan, Soesilo menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada jajaran TNI, khususnya kepada rekan – rekan prajurit dari Kodim 0710 /Pekalongan, yang kembali telah melaksanakan kegiatan TMMD, yang ditujukan dalam rangka untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah, sekaligus mempererat kemanunggalan antara TNI dengan rakyat. Soesilo menilai, sejauh ini sinergitas antara TNI, Pemerintah Kota Pekalongan dan masyarakat dalam percepatan pembangunan di Kota Pekalongan sudah berjalan dengan baik, bahkan hasilnya sangat luar biasa bagus dan para anggota TNI bersama masyarakat terjun sendiri menyelesaikan TMMD.
“Pekerjaan fisik TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2024 kali ini berupa peningkatan jalan beton yang dipusatkan di Jalan Sekar Mawar Gang 4-7  RT 7 dan 8, Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara dengan volume  panjang 257 meter, lebar 3-5 meter dan tinggi 0,3 meter,”ucapnya.
Selain sasaran pekerjaan fisik, dalam kegiatan ini juga menyasar kegiatan non fisik dengan memberikan penyuluhan dan edukasi kepada warga setempat terkait wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan anti narkoba, sosialisasi pengelolaan sampah dan pembangunan TPS-3R, penyuluhan kesehatan, cara mengatasi ketergantungan gadget pada anak dan penyuluhan pergaulan remaja dan mengatasi bullying anak.
“Harapannya dengan kegiatan TMMD ini, masyarakat secara ekonominya bisa meningkat lebih baik lagi dan akses jalan bisa semakin mulus, dan masyarakatnya juga lebih sejahtera,”ungkapnya.
Sementara itu, Kasdim Akhmad Thohir menjelaskan, program TMMD Sengkuyung ini merupakan program yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, Kementerian/Lembaga Pemeriintah Non Kementerian (LPNK) yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya di daerah yang tertinggal/miskin, terisolir/terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lainnya yang terkena dampak bencana. Pihaknya berharap,hasil pelaksanaan TMMD nantinya bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat.
“Kami dari Kodim 0710/Pekalongan siap membantu Pemerintah Kota Pekalongan dalam melaksanakan TMMD Sengkuyung tahap ketiga pada Tahun 2024 ini. Mari masyarakat setempat dimohon partisipasinya. Sebab, kegiatan TMMD ini dari kita, untuk kita sendiri serta manfaat dan kemaslahatannya dirasakan langsung untuk masyarakat setempat di lokasi sasaran TMMD,”tandasnya. **
Penulis : ryo_red

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!