Ayo Anak Muda Kota Pekalongan Ikuti Pemilihan Duta Baca 2024

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) setempat telah resmi membuka pemilihan Duta Baca Kota Pekalongan Tahun 2024. Bagi masyarakat yang berminat dan memenuhi syarat silahkan bisa segera mendaftarkan diri mulai tanggal 20 Juli-8 Agustus 2024.
Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, Soeroso melalui Kepala Bidang Perpustakaan, Ismanto membenarkan bahwa, saat ini Dinarpus tengah membuka pendaftaran Ajang Pemilihan Duta Baca Kota Pekalongan Tahun 2024. Dengan adanya Duta Baca ini diharapkan dapat mempromosikan budaya literasi di kalangan masyarakat khususnya generasi muda secara luas. Adapun persyaratannya meliputi warga Kota Pekalongan usia 17-25 tahun, memiliki KTP dan Kartu Anggota Perpustakaan, mengirim CV dan foto diri full body 3R, membuat video semenarik mungkin berdurasi 3 menit.
“Saat ini kegiatan Bunda Literasi juga sudah begitu luar biasa banyak dalam mendongkrak budaya literasi di Kota Pekalongan, maka kami ingin melengkapi  kinerja Bunda Literasi tersebut dengan membuka Pemilihan Duta Baca Kota Pekalongan Tahun 2024,”ucapnya, Kamis (25/7/2024).
Ismanto menyebutkan, untuk pendaftarannya, peserta wajib mengisi form biodata pada link pendaftaran https://bit.ly/formdutabacakotapkl. Seluruh berkas yang dipersyaratkan dicetak dan diserahkan mulai 20 Juli-8 Agustus 2024  ke Kantor Dinarpus, Jalan KH Sabrawi, Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan pada jam kerja. Kemudian, dilanjutkan seleksi administrasi pada 10-14 Agustus 2024, seleksi administrasi diumumkan pada 15 Agustus 2024. Selanjutnya, ada seleksi kompetensi dasar 19 Agustus 2024, pengumuman 25 besar pada 20 Agustus 2024, tes wawancara pada 28 Agustus 2024, pengumuman 10 besar pada 29 Agustus 2024, dan Grand Final diselenggarakan bertepatan pada Puncak Event Festival Literasi Kota Pekalongan Tahun 2024 pada tanggal 7 September 2024 yang rencananya digelar di Lapangan Mataram Kota Pekalongan.
Lanjut Ismanto menambahkan, untuk Duta Baca yang terpilih ini nantinya bertugas untuk mewakili perpustakaan-perpustakaan baik yang ada di sekolah, masyarakat, maupun Perpustakaan Daerah untuk menggiatkan Budaya Literasi, termasuk dalam menggerakkan minat membaca di tengah masyarakat luas. Sebab, saat ini Kota Pekalongan masih perlu mengkampanyekan budaya gemar di masyarakat.
“Masyarakat Kota Pekalongan Saya kira rata-rata sudah bisa membaca semua, tetapi untuk minat baca perlu ditingkatkan,”katanya.
Pihaknya menargetkan sebanyak-banyaknya generasi muda yang ikut serta mendaftarkan diri pada Ajang Pemilihan Duta Baca Kota Pekalongan Tahun 2024. Untuk menyosialisasikan ajang ini, pihaknya telah bersurat dan menginformasikan kepada sekolah-sekolah jenjang SMA/SMK hingga perguruan tinggi dan masyarakat umum melalui website maupun media sosial yang dimiliki Dinarpus Kota Pekalongan. Pemenang Duta Baca ini akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah, dimana untuk Juara I mendapatkan Rp1.600.000,00 ; Juara II mendapatkan Rp1.250.000,00 ; dan Juara III mendapatkan sebesar Rp1.000.000,00.
“Harapannya, Duta Baca yang terpilih bisa memberikan kontribusi dan membantu pemerintah dalam meningkatkan indeks literasi masyarakat Kota Pekalongan dan minat baca. Hal ini menjadi kinerja utama yang harus dicapai oleh seorang Duta Baca,”tandasnya. **
Penulis : ryo_red

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!