DPRD Pemalang Dukung Usulan Pembangunan SLTA Negeri di Watukumpul dan Pulosari

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pemalang, Mokhammad Safi’i, menyokong usulan dibangunnya Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) Negeri di Kecamatan Watukumpul dan Pulosari.

Wakil rakyat yang akrab disapa Safi’i itu menyebut, fasilitas pendidikan menjadi urgensi di wilayah punggung Pemalang. Pembangunan SLTA Negeri ini menjadi upaya mendekatkan layanan pendidikan kepada masyarakat.

“Jauh hari usulan dibangunnya SLTA Negeri di Watukumpul dan Pulosari ini kami sampaikan di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.” kata Safi’i, Rabu (31/7/2024).

“Kalau menurut saya baiknya sekolah kejuruan. Iya, SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri.” imbuhnya.

Khusus Kecamatan Watukumpul, Safi’i menyarankan Pemerintah Kabupaten Pemalang mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah agar SLTA Negeri dibangun di wilayah Desa Cikadu dan sekitarnya.

“Kami menyarankan agar dibangun di daerah atas, karena di Watukumpul bawah sudah ada SLTA swasta dan juga dekat randudongkal, disana ada SMK Negeri.” ujar anggota Komisi A DPRD Pemalang itu.

Pertimbangan lokasi tersebut, kata Safi’i, juga melihat keberlanjutan pendidikan. Mengingat di wilayah Watukumpul atas atau selatan itu, sudah banyak berdiri Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menjadi input jika dibangun SLTA Negeri.

“Iya, jadi input siswanya juga ada, karena ada SMP di Cikadu, kemudian Bongas. Jadi adanya SLTA Negeri ini pemerintah mendekatkan akses pendidikan ke masyarakat, apalagi sekarang sistemnya zonasi.” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, terdapat 3 kecamatan di Kabupaten Pemalang yang belum memiliki fasilitas pendidikan SLTA Negeri diantaranya Kecamatan Pulosari, Kecamatan Watukumpul, dan Kecamatan Warungpring.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pemalang tengah mengusulkan pembangunan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kecamatan Watukumpul dan Pulosari dalam rangka pemerataan pendidikan.

Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, menyebut, usulan pembangunan SMA Negeri tersebut secara resmi sudah diajukan Pemerintah Kabupaten Pemalang ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Penulis : Eriko

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!