Brebes  

Kebakaran Hebat Melanda Perkebunan Tebu di Brebes

PUSKAPIK.COM, Brebes – Kebakaran dahsyat melanda perkebunan tebu milik Pemerintah Desa (Pemdes) Janegara, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (10/8/2024). Sekitar dua hektare (ha) perkebunan tebu yang terdampak kebakaran ini.

Insiden ini, sempat membuat warga yang tinggal di sekitar perkebunan tebu itu panik. Sebab, api terus membesar, dan nyaris menyambar puluhan rumah warga. Sedikitnya ada 30 rumah warga yang lokasinya dekat dengan perkebunan tersebut. Beruntung, api yang merambat bisa diantisipasi.

Informasi yang dihimpun, api membakar tanama tebu diduga akibat adanya warga yang membakar sampah di dekat perkebunan. Angin yang bertiup kencang menyebabkan api merambat ke tanaman tebu hingga meluas.

Untuk memadamkan api, tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) Pemkab Brebes diterjunkan ke lokasi kejadian. Bahkan, warga juga ikut menebangi tanaman tebu agar api tidak merembet ke pemukiman.

Tukiran (43), salah seorang warga menuturkan, kebakaran di perkebunan tebu ini, terjadi sejak Sabtu petang. Akibat banyak daun tebu yang kering dan tiupan angin cukup kencang, membuat api merambat serta sulit dipadamkan.

“Sumber api ini, diduga karena ada warga yang membakar sampah, dan merambat ke tanaman tebu yang kering,” katanya.

Hingga pukul 21.00 WIB, petugas damkar belum mampu menjinakkan api di lahan perkebunan tebu tersebut.

Kapolsek Jatibarang AKP Budi Suparyoto mengatakan, penyebab terjadinya kebakaran perkebunan tebu itu, hingga kini masih dalam penyelidikan pihaknya.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah di sembarang tempat. Apalagi, ini musim kemarau sangat rawan terjadinya kebakaran,” pungkasnya. **

Penulis : Kus_red

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!