Tawon Vespa Affinis Kembali Serang Warga Tegal

Sejumlah Petugas Pemadam Kebakaran Kota Tegal bersiap memusnahkan sarang tawon Vespa Affinis di Jalan Tentara Pelajar Kota Tegal, Sabtu (25/01/2020) sore.FOTO/PUSKAPIK/WIJ

TEGAL (PUSKAPIK) – Serangan tawon jenis vespa affinis kembali terjadi Kota Tegal. Kali ini pedagang pakan burung di Jalan Tentara Pelajar dan sejunlah warga yang menjadi korban.

Salah satu korban, Waskiyati (48), pedagang pakan burung mengatakan, dirinya tengah menyapu dan bersiap-siap untuk membuka lapak miliknya, Sabtu (25/01/2020). Tiba-tiba, dikeroyok banyak Tawon. Beberapa di antaranya langsung menyengat tangan.

“Pas lagi nyapu tiba-tiba langsung dikerubuti tawon. Saya langsung lari sambil menutupi wajah. Tapi tetap kena sengatan di lengan kanan dan kiri,”katanya.

Akibat sengatan Tawon kedua lengannya sempat membengkak. Khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dirinya langsung memeriksakan diri ke dokter.

Ketua RT01 RW01 Kelurahan Panggung, Jaka (40), mengatakan, sarang tawon vespa sebenarnya sudah diketahui sejak sekitar enam bulam lalu. Tapi karena saat itu masih kecil jadi dibiarkan saja. Seelah mendapatkan laporan adanya pedagang yang tersengat dirinya langsung berkoordinasi dengan pihak terkait. Selanjutnya, meminta bantuan petugas untuk melakukan pemusnahan.

Empat petugas pemadam kebakaran Kota Tegal langsung mengevakuasi sarang tawon tersebut, Sabtu sore (25/01/2020). Pemusnahan dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan obat serangga pada sarang tawon.

Salah seorang petugas Damkar, Casmidi (45), mengatakan populasi sarang tawon sejak Januari 2020 mulai berkurang dibanding periode Oktober sampai Desember 2019. Namun demikian sangat berbahaya. “Kalau mendapati sarang tawon membahayakan, secepatnya lapor ke kami,” katanya.(WIJ)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!