Rest Area Heritage Pabrik Gula: Pilihan Wisata Keluarga yang Menarik

PUSKAPIK.COM, Brebes – Rest Area Heritage KM 260B yang terletak di jalur tol Pejagan-Pemalang kini tidak hanya sekadar tempat persinggahan bagi pengguna jalan tol. Rest area ini telah bertransformasi menjadi sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta destinasi wisata keluarga yang unik dan menarik. Dengan konsep yang berbeda dari rest area pada umumnya, Heritage KM 260B menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi pengunjung, baik untuk beristirahat maupun menjelajahi berbagai produk lokal dan atraksi yang tersedia.

Marketing dan Koordinator UMK Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma, Agung (40), menjelaskan, awalnya los yang ada hanya untuk pedagang biasa. Tapi, sekarang diubah menjadi sentra UMKM.Fokus pada keberagaman produk, sehingga mewajibkan setiap tenant untuk menjual produk yang berbeda agar meminimalisir persaingan. “Hasilnya, hingga tahun 2024, persentase UMKM di rest area ini telah mencapai 80%, melampaui target awal sebesar 70%,” jelasnya.

Selain menjadi sentra UMKM, lanjut dia, Rest Area Heritage KM 260B juga menawarkan berbagai fasilitas rekreasi yang menarik bagi keluarga. Adanya perosotan warna-warni (srodotan donat), air mancur, mandi bola terbesar, kereta-keretaan, rumah boneka, dan berbagai permainan lainnya membuat tempat ini menjadi destinasi wisata yang menyenangkan, terutama bagi anak-anak.

“Saya senang istirahat di sini, karena tersedia berbagai pilihan makanan, jajanan, dan oleh-oleh, serta tempat bermain yang luas untuk anak-anak,” kata Lilis (39) salah seorang pengunjung.

Sementara itu, Dewi (25), penjaga wahana permainan mandi bola menurutkan, keberadaan rest area ini sangat membantu masyarakat sekitar dalam memperoleh pekerjaan. Warga sekitar dapat dengan mudah mengunjungi rest area ini, karena disediakan pintu belakang tanpa harus melalui jalan tol. Selain itu, rest area ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti SPBU, masjid, mushola, dan area parkir yang luas.

“Alhamdulillah banget ada rest area ini. Saya tidak susah mencari kerja yang dekat umah, seneng juga ikut bangga karena daerah sini ada rest area semegah ini,” ujarnya.

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!