Peringati HUT ke-79, PMI Pemalang Kumpulkan Ratusan Kantong Darah

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang menggelar donor darah dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 PMI. Hasilnya, sebanyak 374 kantong darah berhasil dikumpulkan.

 

Kegiatan donor darah PMI itu digelar di Pendopo Kantor Bupati Pemalang, Selasa (17/9/2024). Bupati Mansur Hidayat bersama sejumlah jajaran Forkopimda Pemalang pun tampak ikut mendonorkan darahnya.

 

Ketua PMI Kabupaten Pemalang, Akhmad Patah, mengatakan, antusiasme masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Pemalang dalam berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini sangat tinggi.

 

Menurut Patah, tingginya antusiasme pendonor itu tak terlepas dari instruksi Bupati Mansur Hidayat yang mendorong seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam kegiatan kemanusiaan ini.

 

“Dengan adanya instruksi dari Bapak Bupati, antusiasme masyarakat dalam mendonorkan darah sangat tinggi. Bahkan, jumlah peserta yang hadir melebihi target,” ujarnya.

 

Ahmad Fatah mengungkapkan, kegiatan donor darah ini menjadi upaya PMI memenuhi kebutuhan. Mengingat, kebutuhan darah di Pemalang cukup tinggi, yakni mencapai 1700-1800 kantong darah perbulan.

 

Bahkan dalam usaha memenuhi kebutuhan darah, PMI menerapkan strategi jemput bola. Dimana setiap kegiatan yang melibatkan PMI, petugas akan datang langsung ke lokasi untuk melakukan pengumpulan darah.

 

“Kami juga membuka kesempatan bagi masyarakat, organisasi, dan LSM di Pemalang yang ingin mengadakan kegiatan donor darah. Silahkan hubungi kami dan kami akan jadwalkan petugas untuk datang,” jelas Ahmad Fatah.

 

Dalam kesempatan itu, Ahmad Fatah pun mengingatkan tentang pentingnya jeda waktu yang ideal untuk donor darah yaitu 75 hari atau 3 bulan. Hal ini untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pendonor.

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!