Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI di Kodim Pemalang, Begini Pesan Panglima TNI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Komando Distrik Militer 0711/Pemalang, menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan HUT ke 74 Kodam IV/Diponegoro tahun 2024. Ada pesan khusus dari Panglima TNI kepada seluruh prajurit dalam peringatan HUT TNI ini.

 

Upacara HUT ke-79 TNI itu digelar di lapangan Makodim Jl. Brigjen Katamso No. 43 kelurahan Sugihwaras kecamatan Pemalang kabupaten Pemalang, Sabtu (5/10/2024). Komandan Kodim 0711/Pemalang, Letkol Inf Muhammad Arif bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara itu, bertugas sebagai komandan upacara di Danramil 10/Moga, Kapten Arh Nasri.

 

Dalam amanatnya, Dandim menyampaikan pesan dari Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto pada peringatan HUT ke-79 TNI yang bertema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”. Tema disebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

 

Menurut Panglima TNI, makna yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju.

 

Panglima TNI memaparkan, perkembangan lingkungan strategis yang diikuti perubahan politik, ekonomi dan teknologi terus berkembang secara dinamis dan makin kompleks. Selain telah menciptakan dimensi dan spektrum peperangan baru, juga membawa dampak disrupsi di segala bidang kehidupan. Perkembangan situasi ini harus terus diikuti dan menjadi dasar dalam penyiapan kapabilitas TNI dari waktu ke waktu.

 

 

“Rasa hormat dan penghargaan kepada seluruh Prajurit atas dedikasi dan integritasnya dalam menjalankan tugas, sehingga TNI hingga saat ini terus mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia.” ujarnya.

 

Namun demikian, kata Panglima TNI, hal tersebut janganlah menjadikan TNI lengah dan cepat berbangga diri, karena masih ada hal-hal yang harus dibenahi. Sehingga TNI benar-benar dapat diandalkan dalam menjaga kedaulatan bangsa, melindungi keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

 

 

Terakhir, Panglima TNI berpesan kepada setiap Prajurit TNI agar selalu waspada dan tidak mudah terhasut oleh isu-isu provokatif yang berusaha memecah belah soliditas TNI, menghancurkan sinergitas TNI-Polri dan Kementerian/Lembaga lainnya, serta merusak kemanunggalan TNI dengan rakyat. Ada 5 hal yang jadi pesan khusus bagi seluruh Prajurit untuk dipedomani dan dilaksanakan.

 

“Pertama, Perkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan meluangkan waktu serta meluaskan hati untuk selalu beribadah.” ujarnya.

 

Kedua, sambungnya, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang berBhineka Tunggal Ika. Ketiga, Tingkatkan kewaspadaan, profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai tantangan tugas kedepan.

 

“Keempat, Bangun koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, semua instansi maupun komponen bangsa, guna menjamin terlaksananya Pilkada Serentak yang aman, tertib dan lancar.” tegasnya.

 

Kelima, Panglima TNI berpesan agar para prajurit melaksanakan setiap tugas dengan penuh keikhlasan dan dilandasi niat ibadah, serta hindari segala bentuk tindakan melawan hukum atau merugikan rakyat, karena tugas kita semata-mata adalah untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

Loading

Penulis: ErikoEditor: Nabil
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!