AFKab Pekalongan Gelar Seleksi Pemain Futsal di Empat Zona

AFKab Pekalongan mulai menggelar seleksi pemain futsal sebagai persiapan menghadapi Porwil Dulongmas 2020 di Kota Pekalongan. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Asosiasi Futsal Kabupaten (AFKab) Pekalongan mulai menggelar seleksi pemain sebagai persiapan menghadapi Pekan Olahraga Wilayah Kedu, Pekalongan, dan Banyumas (Porwil Dulongmas) 2020 di Kota Pekalongan. Seleksi dibagi dalam empat zona lantaran wilayah Kabupaten Pekalongan cukup luas.

Zona satu meliputi wilayah Kecamatan Kandangserang, Paninggaran, Kajen, Lebakbarang, dan Karanganyar. Zona dua adalah Kecamatan Kesesi, Sragi, Siwalan, dan Bojong. Zona tiga meliputi Kecamatan Buaran, Tirto, Wiradesa, dan Wonokerto. Sedangkan zona empat meliputi Petungkriyono, Talun, Doro, Kedungwuni, Wonopringgo, dan Karangdadap.

Wakil Sekretaris Umum KONI Kabupaten Pekalongan, Faruk Ekowarto mengaku salut dan bangga dengan langkah yang dilakukan oleh AFKab Pekalongan. Proses seleksi pemain fursal dilakukan secara terbuka sehingga bagus untuk melihat potensi dari atlet. Nantinya, dari masing-masing zona akan didapatkan berapa atlet yang dinyatakan lolos sementara. Mereka yang lolos akan kembali diuji kembali kualitas dan kemampuannya di seleksi akhir yang digelar di Viva Futsal, Minggu (22/3/2020).

“Potensi dan talenta atlet hanya memiliki porsi 15% dari performa atlet. Sedangkan porsi terbesarnya 85% ditentukan oleh komitmen dan kerja keras atlet dan pelatih dalam mengembangkan potensi para atlet melalui program latihan yang baik, terencana, dan terukur,” katanya.

Menurutnya, melalui pemusatan latihan potensi para atlet bisa dipantau secara terus-menerus oleh pelatih dan AFKab Pekalongan selaku induk cabang olahraga futsal. Hal itu memang cukup penting, terutama terkait dengan kondisi fisik atlet yang membutuhkan improvement training agar memiliki kekuatan dan daya tahan yang memadai. Harapannya, hasil dari pemusatan latihan ada peningkatan signifikan terhadap kemampuan atlet baik itu secara fisik maupun skill teknik individual serta kemampuan kerja sama dalam tim.

Bagi atlet yang tidak lolos seleksi diminta tidak berkecil hati. Sebab masih sangat terbuka kesempatan untuk mengembangkan kemampuan diri pada olahraga futsal. Di antaranya melalui kelompok umur dan juga pembentukan klub-klub futsal di masing-masing daerah.

Faruk berharap AFKab Pekalongan ke depan bisa menyelenggarakan event turnamen untuk club futsal yang ada di Kabupaten Pekalongan. “Di samping itu juga meningkatkan jumlah kapasitas pelatih dan wasit bersertifikat di wilayah ini,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!