Harga Cabai di Pemalang Meroket, Ini Penyebabnya

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Harga cabai di Kabupaten Pemalang saat ini tengah meningkat tajam. Kenaikan harga masing-masing jenis cabai di pasar pun bervariasi.

Salah satu pedagang di Pasar Sayur dan Buah Pemalang, Aji (35), menuturkan, untuk harga cabai keriting saat ini mencapai Rp 72 ribu per-kilogram dari harga normal Rp 22 ribu.

“Cabai rawit putih Rp 46 ribu normalnya Rp 20 ribu, cabai setan Rp 85 ribu normalnya Rp 30 ribu. Mulai naik udah cukup lama, hampir setengah bulan.” tuturnya, Selasa 14 Juni 2022.

Menurut Aji, kenaikan harga cabai yang signifikan ini disebabkan minimnya stok atau panen dari petani. “Ini cabai saya dipasok dari Temanggung.” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Diskoperindag Pemalang, Hepi Priyanto, menuturkan, pihaknya masih terus melakukan monitor harga bahan pangan di pasar, termasuk cabai.

“Sementara fluktuasi harga belum over. Kalau fluktuasi sampai dengan 15 persen dalam jangka waktu lama baru dilakukan tindakan seperti operasi pasar.” ungkap Hepi.

Hepi membenarkan, meroketnya harga cabai belakangan ini disebabkan karena minimnya stok dari petani. “Minimnya stok dipengaruhi cuaca ekstrem.” jelasnya.

Hepi Priyanto menambahkan, dalam pantauan Diskoperindag Pemalang, saat ini belum ada indikasi penimbunan barang maupun hambatan distribusi yang menyebabkan naiknya harga cabai.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!