Pemkab Pemalang Siapkan 14 Ekor Sapi Kurban Untuk Masyarakat

PUSKAPIK.COM – Pemalang, Menyambut Hari Raya Idul Adha 1445, Pemkab Pemalang siapkan 14 ekor sapi kurban untuk disebar merata di seluruh kecamatan.

Bupati Pemalang, Mansur Hidayat mengatakan, pada pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Pemkab ingin memberikan daging kurban secara merata untuk masyarakat yang membutuhkan. Untuk itu, Pemkab akan membagikan 14 hewan kurban untuk masyarakat Pemalang di 14 kecamatan.

“Kemarin hasil rapat seperti tahun kemarin ada 14 ekor sapi kurban, jadi dibagi di 14 kecamatan atau per kecamatan satu ekor sapi. Kita sengaja 14 ekor agar merata masyarakat menerima daging,” terangnya.

Selain hal itu, lanjut Mansur, dirinya juga memerintahkan kepada OPD terkait yaitu Dinas Pertanian (Dispertan) Pemalang agar memeriksa kesehatan, kelayakan dan kondisi hewan juga daging sebelum maupun setelah disembelih. Pastikan hewan qurban dari kambing, domba, sapi dan kerbau layak secara bentuk tubuh, serta daging hasil dari pemotongannya.

Kepala Dispertan Pemalang, Prayitno mengatakan, pihaknya telah memerintah kepala bidang peternakan Usni Marini agar mengikuti instruksi bupati memeriksa kondisi hewan ternak khususnya hewan kurban di wilayahnya. Ada dua dokter hewan yang langsung melakukan monitoring, bahkan memberikan vaksinasi penyakit LSD dan PMK di Kabupaten Pemalang, dengan harapan semua hewan kurban di Pemalang sehat dan aman dikonsumsi.

“Tim dokter hewan langsung keliling monitor hewan kurban di seluruh wilayah Pemalang, terutama pasar hewan di Randudongkal. Pemeriksaan meliputi kondisi badan, mata, mulut, tanduk, dan kuku, jika ada yang belum divaksinasi maka akan diberikan vaksin bila stok vaksin masih ada,” pungkasnya.(ODO_red)

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!