Pemerintah Masih Kebut Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu di Pemalang

TPST Kabupaten Pemalang di Silarang dalam tahap uji coba.FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pemerintah saat ini tengah mengebut pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) agar persoalan sampah yang kian mendesak di Kabupaten Pemalang segera teratasi.

Pengangkutan sampah tengah digencarkan Dinas Lingkungan Hidup Pemalang sembari menunggu kesiapan TPST. Dipastikan mesin pengolah sampah di TPST bakal mulai beroperasi dalam pekan ini.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Pemalang, Heriyanto. Dirinya menegaskan, pemerintah tak tutup mata dan membisu dalam menghadapi persoalan sampah yang dikeluhkan warga masyarakat Kabupaten Pemalang.

“Kita sedang kebut pembangunan TPST di bekas kawasan PTAU Pemalang di Silarang, disana nanti sampah diolah jadi bermanfaat, menghasilkan BBM. Bukan hanya ditampung.” terang Heriyanto, Rabu (17/7/2024).

Heriyanto menerangkan, TPST tersebut nantinya berdiri dengan 4 mesin incinerator, 2 mesin pemilah sampah, serta 2 mesin pirolisis. “Kamis besok akan kita uji coba, kita harapkan lancar agar minggu ini sampah selesai.” jelasnya.

Sekda Pemalang berharap masyarakat bisa bersabar dan mendukung upaya pemerintah menangani persoalan sampah. “Karena sampah ini kan sejatinya tanggung jawab kita bersama, pemerintah tak bisa sendirian.” kata Heriyanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemalang, Wiji Mulyati, mengatakan, pihaknya juga tengah mengebut pengangkutan sampah, hanya saja keterbatasan armada truk sampah menjadi kendalanya.

“Petugas kita masih terus berjibaku mengangkut sampah-sampah. Pagi tadi di TPS Pelutan juga diangkuti. Mohon bersabar, sampah yang menumpuk pasti akan kita selesaikan.” terangnya.

Penulis : Eriko

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!