Jadi Paslon Pertama yang Mendaftar, KPU Terima Berkas Persyaratan Pencalonan Aaf-Balgis pada Pilkada Kota Pekalongan 2024

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Pasangan calon (Paslon) HA Afzan Arslan Djunaid dan Hj Balgis Diab resmi menjadi paslon pertama yang mendaftarkan diri ke KPU Kota Pekalongan sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan pada Kontestasi Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Pekalongan Tahun 2024, Selasa (27/8/2024). Dengan berjalan kaki dari Kantor DPC Golkar Pekalongan, dan diantar 8 partai pengusung serta keluarga dan ratusan massa pendukungnya, paslon Aaf-Balgis tiba di Kantor KPU sekitar pukul 16.00 WIB untuk menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pekalongan kepada Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda. Paslon yang mendeklarasikan diri dengan jargon akronim AJIB (Aaf Djunaid dan Ibu Balgis) ini diusung oleh 8 partai politik yakni PDIP, Golkar, Nasdem, Hanura, Gerindra, PPP, Demokrat dan PSI.

Usai menerima berkas persyaratan pencalonan Aaf-Balgis, Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda menerangkan bahwa, pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan berlangsung selama 3 hari, mulai Selasa-Kamis, 27 – 29 Agustus 2024. Di hari pertama pendaftaran, paslon Aaf-Balgis menjadi paslon pertama yang mendaftar sebagai peserta Pilkada Kota Pekalongan Tahun 2024.

“Hari pertama pendaftaran paslon Pilkada baru ada satu paslon yang mendaftar ke KPU Kota Pekalongan atas nama Pak Aaf dan Ibu Balgis yang diantar oleh 8 partai politik pengusung, keluarga dan massa pendukungnya. Alhamdulillah, selama proses pendaftaran berlangsung kondusif dan lancar,”ucap Fajar.

Fajar menegaskan, langkah selanjutnya KPU masih menunggu kepastian pendaftaran paslon lain sampai hari terakhir pendaftaran pencalonan yang ditutup pada Kamis, 29 Agustus 2024 hingga pukul 23.59 WIB. Setelah paslon didampingi parpol pengusung menyerahkan berkas persyaratan pencalonannya, KPU tengah melakukan pengecekan dan verifikasi berkas administrasi yang dikumpulkan oleh paslon tersebut.

“Semoga sebelum proses pendaftaran pencalonan hari terakhir sudah ada hasil verifikasi administrasinya. Selain parpol pengusung paslon Aaf-Balgis ini, memang sudah ada parpol lain yang sudah berkonsultasi ke kami yakni PKB. Mereka sudah meminta akses input data paslon ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan Kepala Daerah (Silonkada). Namun, belum dipastikan kapan parpol tersebut mengusung paslon untuk mendaftarkan diri ke KPU,”bebernya.

 

Bakal Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid yang akrab disapa Mas Aaf mengaku bersyukur, di tengah berbagai dinamika politik pasca Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan perjuangan, dirinya dan calon wakilnya, Ibu Balgis Diab bisa mendaftarkan diri ke KPU sebagai paslon Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan di hari pertama pendaftaran calon pimpinan daerah Kota Pekalongan Tahun 2024.

 

“Milih mendaftar di hari pertama pendaftaran calon karena kami merasa sudah siap dan didukung penuh oleh partai pengusung dan keluarga kami yang kebetulan bisa mengantarkan dan hadir langsung pada saat kami mendaftar dan menyerahkan berkas persyaratan ke Kantor KPU. Dengan dukungan 8 parpol yang sangat luar biasa ini bisa menjadikan Saya dan Bu Balgis, pasangan AJIB Bersatu Pekalongan Maju dan Bismillah bisa memenangkan kontestasi Pilkada 2024 ini,”tegasnya.

 

Mas Aaf mengaku telah menyerahkan berkas persyaratan beserta dengan naskah visi misi program 5 tahun ke depan yang akan digalakkan bersama wakilnya, Ibu Balgis Diab. Secara prinsip, dalam naskah visi misi program yang akan dijalankannya diantaranya adalah meneruskan program-program pembangunan di Kota Pekalongan sebelumnya. Dirinya bersama wakilnya, Balgis Diab menargetkan suara dari masyarakat sebanyak-banyaknya.

 

“Alhamdulillah sudah banyak prestasi yang diraih oleh Kota Pekalongan, termasuk pembangunan yang menjadi harapan dan sorotan masyarakat yaitu penanganan banjir dan rob yang saat ini secara bertahap sudah tertangani sekitar 70 persen. Selain itu, Pasar Banjarsari yang sudah terbangun dan progressnya sudah lebih dari 90 persen, mudah-mudahan di awal Tahun 2025, Pasar Darurat di Jalan Patiunus bisa dikembalikan fungsinya sebagaimana sebelumnya sebagai jalan dan para pedagang eks Pasar Banjarsari bisa segera menempati kios, los maupun lapaknya di bangunan baru Pasar Banjarsari, pelayanan kesehatan dan pendidikan juga terus meningkat untuk masyarakat, dan sebagainya,”paparnya.

 

Hal senada diungkapkan bakal calon Wakil Walikota Pekalongan, Balgis Diab bahwa, dirinya memang tidak ada persiapan khusus untuk pendaftaran Pilkada ini bersama Mas Aaf.

 

“Tetapi kami ingin Kota Pekalongan lebih baik dan maju lagi. Maka kita bersatu untuk maju,”tandasnya.

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!