Jelang Penutupan Pendaftaran, 1.860 Orang Melamar CPNS Pemkot Pekalongan

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Menjelang penutupan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2024, tercatat sebanyak 1.860 orang mendaftar di instansi Pemerintah Kota Pekalongan (Pemkot) Pekalongan. Jumlah tersebut berdasarkan update statistik pelamar CPNS Kota Pekalongan per tanggal 10 September 2024 pukul 14.00 WIB.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekalongan, Rusmani Budiharjo menerangkan bahwa, pendaftaran seleksi CPNS Tahun 2024 diperpanjang hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB dari semula mulai tanggal 20 Agustus hingga 6 September 2024. Di hari terakhir pendaftaran, 10 September 2024 beberapa jam sebelum penutupan, sudah ada 1.860 orang memilih dan mendaftar CPNS di lingkungan Pemkot Pekalongan.

“Dari jumlah 1.860 orang pelamar itu, 1.648 orang sudah menyelesaikan pendaftarannya (submit) di akun sscasn masing-masing pelamar,”tutur pria yang akrab disapa Didik tersebut saat dikonfirmasi via telepon, Selasa siang (10/9/2024).

Menurutnya, proses verifikasi oleh panitia seleksi daerah (panselda) masih terus berlangsung, dimana per siang ini, 1.466 berkas persyaratan dari pelamar telah Memenuhi Syarat (MS) , 101 Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan sisanya 81 berkas pelamar masih dalam proses verifikasi. Pada Tahun 2024 ini, Pemkot Pekalongan membuka lowongan CPNS Tahun 2024 sebanyak 50 formasi untuk tenaga teknis. 50 formasi itu terdiri dari 1 formasi untuk penyandang disabilitas dan 49 formasi untuk pelamar umum.

“Alhamdulillah, dari semua formasi CPNS yang dibuka, semua sudah ada pelamar, hanya saja untuk formasi khusus disabilitas masih minim pelamar,”ungkapnya.

Lanjut Didik menambahkan, untuk bottom 5 formasi (5 formasi tersedikit) pelamarnya yakni formasi penata kelola sistem dan teknologi informasi pada Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) khusus untuk formasi penyandang disabilitas, dari 1 formasi yang dibuka baru ada 1 pelamar. Kemudian, formasi umum untuk posisi arsiparis terampil pada Badan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) 1 formasi yang dibuka baru ada 3 orang pelamar, posisi arsiparis terampil pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) 1 formasi yang dibuka dilamar oleh 5 orang.

“Selanjutnya, penyuluh pertanian ahli pertama pada Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) 1 formasi yang dibuka dilamar oleh 7 orang, dan posisi penata kelola pemerintahan pada Kecamatan Pekalongan Timur dibuka 1 formasi yang melamar ada 8 orang,”bebernya.

Bagi pendaftar yang belum submit, Didik menghimbau untuk segera menyelesaikan tahap pendaftaran sebelum ditutup tanggal 10 September 2024 pukul 23.59 WIB nanti. Selain itu, pendaftar CPNS untuk meng-input data dan berkas sesuai ketentuan. Sebab, validasi dokumen tersebut menjadi salah satu dari penentu bagi peserta untuk lolos ke tahap selekai berikutnya.

“Mengingatkan kembali pendaftaran CPNS ditutup pada 10 September 2024 pukul 23.59 WIB. Pastikan data dan dokumen yang diunggah sudah benar. Pelamar CPNS boleh menggunakan e-materai maupun materai tempel. Untuk penggunaan materai tempel pastikan materai yang digunakan adalah asli, nomor seri materai tempel pada surat pernyataan dan surat lamaran harus berbeda. Satu materai hanya untuk satu dokumen dan pastikan tanda tangan pelamar mengenai materai tempel tersebut,”pungkasnya.

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!