Brebes  

Tugas Hari Pertama Jadi Pj Bupati Brebes, Djoko Gunawan Sidak MPP

PUSKAPIK.COM, Brebes – Setelah sehari dilantik menjadi Pj Bupati Brebes, Djoko Gunawan melakukan gebrakan di hari pertama bertugas, Jumat (20/9/2024). Djoko yang sebelumnya menjabat Sekda Pemkab Brebes ini, langsung melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Brebes. Sidak dilakukan terkait dengan pelayanan bagi masyarakat.

“Sesuai arahan Bapak Pj Gubernur Jawa Tengah kemarin, Kabupaten Brebes harus terus berbenah diri dan dia mengawali dari sisi perizinan, dan pelayanan,” kata Pj Bupati Brebes, Djoko Gunawan.

Dia mengatakan, tidak dipungkiri, kalau masih ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang ada di Brebes. Di antaranya, penurunan angka kemiskinan dan stunting. Perlunya dorongan pertumbuhan ekonomi bisa meningkat, dan tingkat pengangguran terbuka di Brebes masih cukup tinggi.

“Alhamdulillah, tadi sudah kita cek dan ternyata setiap harinya untuk pelayanan di kartu pencari kerja atau kartu kuning cukup banyak. Kalau dirata-rata ada sekitar 100 orang setiap harinya yang meminta permohonan kartu kuning, dan ini akan terus kita pantau,” terangnya.

Persoalannya setelah dievaluasi, lanjut dia, mereka yang telah membuat kartu pencari kerja dan mendaftar di perusahaan-perusahaan belum dapat dimonitor untuk penyerapan tenaga kerjanya. Oleh karena itu, pihaknya berharap sistem ini harus terus dibenahi agar nantinya pemkab bisa memonitor langsung penyerapan tenaga kerjanya.

“Syukur-syukur kita bisa tahu dimana orang-orang tersebut diterima kerjanya,” sambungnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ke depan jika nantinya sistem ini sudah terintegrasi semua, kaitannya dengan tingkat pengangguran terbuka di Brebes bisa diturunkan dengan riil. Tak hanya itu, pihaknya juga mengecek langsung booth-booth yang kaitannya dengan pelayanan Dinas Kesehatan, Dindukcapil, Kemenag, BAZNAS, Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri Brebes dan lain-lain. “Terkait dengan pembayaran E-Tilang, juga sudah berjalan lancar,” pungkasnya. **

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!