Jateng  

Sinkronisasi Hari Kontrasespi Sedunia dengan TNI AD Manunggal Air Diharapkan Sejahterakan Masyarakat

PUSKAPIK.COM, Temanggung – Pj Bupati Temanggung, Jawa Tengah, Hary Agung Prabowo bersama Aster TNI AD Mayjen Joko Hadi Susilo, Danrem 072/Pamungkas Brigjend Zainul Bahar, Plt Kepala BKKBN Sundoyo menghadiri acara “Kolaborasi Pelayanan KB Nusantara dan TNI AD Manunggal Air dalam Rangka Hari Kontrasepsi Sedunia dan HUT TNI Ke-79 di Desa Gandon Kecamatan Kaloran, Kamis (16/9/2024).

Kolaborasi dan sinkronisasi ini diharapkan memiliki multi player efek jangka panjang berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pasalnya, satu sama lain saling berkaitan di mana ketercukupan tersedianya air bersih berdampak pada kesehatan masyarakat, di satu sisi kesehatan pun akan berhubungan dengan peningkatan tingkat kesadaran masyarakat dalam berbagai aspek termasuk kesadaran akan adanya keluarga sejahtera dengan perencanaan matang melalui program Keluarga Berencana (KB).

Pj Bupati Hary Agung mengatakan, puncak acara peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia ini sendiri diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan keluarga dengan berbagai pilihan KB. Jika warga bersedia mengikuti layanan KB atau menjadi akseptor maka akan lahir anak-anak yang sehat dan tentunya memiliki kesehatan fisik dan mental yang tentunya berdampak positif dalam menyongsong Indonesia Emas.

“Jawa Tengah sendiri angka kepesertaan KB sudah cukup bagus pada tahun 2023 tercatat “modem contraception pravelence rate” atau tingkat prevalensi kontrasepsi sebesar 65%, tahun 2024 diharapkan bisa naik menjadi 65,24%. Pelayanan kontraspesi ini erat kaitannya dengan upaya pencegahan stunting karena setiap keluarga bisa merencanakan kehamilan yang diinginkan. Selain itu, stunting juga bisa dicegah dengan layanan intervensi sensitif, antara lain penyediaan air bersih,”katanya.

Menanggapi program TNI AD Manunggal air yang memberikan sarana air bersih di salah satu kecamatan di Kabupaten Temanggung ini, Pj Bupati Hary Agung sangat mengapresisi. Ia bersyukur bantuan itu diberikan di Temanggung sebab sangat bermanfaat bagi masyarakat yang memang sangat membutuhkannya.

“Untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada TNI AD dengan menggelar program Manunggal Air, sebagai upaya mengatasi kesulitan air bersih yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program pengembangan berkelanjutan,”katanya.

Plt Kepala BKKBN Sundoyo menerangkan, peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia ini merupakan momentum tepat untuk mendorong bagaimana keluarga berkualitas, yang dapat didorong dengan berbagai hal salah satunya penyediaan air bersih. Maka kolaborasi antara BKKBN dengan Angkatan Darat sangatlah tepat, sebab penyediaan air selain untuk konsumsi juga bisa digunakan bagi pertanian sehingga jika sebelumnya petani hanya bisa panen sekali dalam setahun kemudian bisa dua kali.

“BKKBN dan TNI terus mengkampanyekan berencana itu keren, artinya kita harus merencanakan jumlah keluarga yang ideal. Dua anak sehat itu akan lebih baik, daripada jumlah anak banyak tetapi tidak produktif, hal ini pasti akan membebani keluarga, membebani masyarakat. BKKBN bersama teman-teman PLKB, TNI, Babinsa akan terus berusaha melakukan advokasi kepada keluarga bagaimana membangun keluarga berkualitas melalui pencegahan stunting dan merencanakan anak dengan baik,”katanya.

Aster TNI AD Mayjen Joko Hadi Susilo menyebutkan untuk Program TNI Manunggal Air di Temanggung ini pihaknya bekerjasama dengan BKKBN, dalam rangka peringatan Hari TNI Ke79 untuk memenuhi kebutuhan sumber air bersih bagi masyarakat. Hal itu berkaitan dengan pencegahan stunting sebab ketersediaan air bersih sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Air bersih memegang peranan krusial dalam mencegah berbagai penyakit infeksi, terutama diare, yang sering kali menyerang anak-anak di lingkungan dengan sanitasi buruk yang dapat berisiko lebih besar mengalami kekurangan gizi, karena tubuh mereka tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik. (**)

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!