Brebes  

104 Gudep Berlaga di Aksi dan Kreasi Pramuka

PUSKAPIK.COM, Brebes – Sebanyak 104 Gugus Depan (Gudep) dari berbagai sekolah di Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, mengikuti Lomba Aksi dan Kreasi (Laskar) Penggalang Kwarran 29.04 Paguyangan. Acara pada Sabtu (28/9) ini berlangsung di Obyek Wisata Tuk Sirah Pemali, Desa Winduaji.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Koordinator Wilayah Kecamatan Satuan Pendidik (Korwilcam Satpendik) Paguyangan, Ahmad Jawawi, yang juga menjabat sebagai Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran). Hadir diantaranya Ketua Kwarran Masrukhan dan anggota DPRD Brebes, Ferry Anggrianto.

Dalam sambutannya, Ahmad Jawawi menekankan pentingnya kedisiplinan bagi seluruh peserta lomba Laskar.”Kedisiplinan adalah kunci utama menuju kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan,” ujarnya.

Jawawi menjelaskan bahwa untuk membangun sikap disiplin, terdapat empat pilar utama yang harus diterapkan, yaitu pengakuan, kemauan, kerja keras, dan kegigihan. Ia juga menyebutkan bahwa Gerakan Disiplin Siswa (GDS) telah dijalankan di lingkungan sekolah untuk menegakkan disiplin.

Selain itu, Laskar Lingkungan juga memiliki tugas penting dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekolah. “Dengan adanya Laskar Lingkungan, sekolah bisa menjadi tempat yang lebih indah, asri, dan nyaman,” kata Jawawi.

Dalam kompetisi ini, SD Negeri Kretek 04 berhasil meraih Juara 1, diikuti oleh SD Negeri Pagojengan 03 sebagai Juara 2, dan SD Negeri Cilibur 03 sebagai Juara 3.

Sementara itu, anggota DPRD Brebes, Ferry Anggrianto, menyambut baik pelaksanaan lomba aksi kreasi ini. Menurutnya, kegiatan tersebu sangat bermanfaat dalam melatih mental, ketangkasan, serta menumbuhkan semangat kebersamaan dan persaingan yang sehat di kalangan peserta.”Mudah-mudahan dengan adanya Jambore ini, para pramuka bisa lebih terlatih dalam mengembangkan kemampuan fisik, mental, emosional, dan spiritual mereka,” ungkap Ferry. **

Loading

error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!